Warna Lidah Bisa Menandakan Adanya Penyakit

Pernah Anda mengamati warna lidah Anda secara teliti? belum pernah. Perlu Anda semua ketahui bahwa warna lidah bisa menandakan adanya suatu penyakit. Ketika tubuh mengalami beberapa gangguan atau masalah di tubuhnya, biasanya tubuh akan memberikan tanda yang dapat dilihat secara kasat mata atau dirasakan pada beberapa bagian tubuh manusia. Dan salah satu bagian tubuh yang bisa mengindikasi terjadinya masalah pada tubuh ialah lidah.

Warna Lidah Dapat Menandakan Adanya Suatu Penyakit

warna lidah
Lidah merupakan alat indra pengecap. Jika diamati di depan cermin, permukaan lidahmu tampak kasar. Di bagian yang kasar itu terdapat saraf pengecap rasa. Lidah dapat merasakan empat macam rasa, yaitu asam, manis, pahit, dan asin. Pada beberapa bagian lidah terdapat daerah yang peka rasa.

Lidah tidak hanya befungsi sebagai inderia pengecap saja tapi bisa juga berfungsi sebagai pendeteksi adanya penyakit pada tubuh manusia. Normlanya, kta semua hanya mengetahui bahwa lidah memiliki warna merah muda. Tapi, terkadang lidah juga berubah warna sesuai dengan kondisi yang sedang terjadi pada tubuh.

Beberapa warna-warna lidah yang menandakan adanya masalah pada tubuh antara lain:

Lidah berwarna putih

Lidah warna putih dapat dibentuk oleh berbagai bentuk atau pola, misalnya berupa bercak putih, bintik-bintik putih pada lidah, atau berwarna putih merata hampir seluruhnya. Lidah putih biasanya merupakan kondisi yang tidak berbahaya, lidah berwarna putih ini bisa menandakan bahwa telah terjadi masalah pada tubuh berupa penyakit tifus, gejala flu atau masalah pencernaan. Tapi selain menandakan penyakit tersebut lidah berwarna putih juga bisa menjadi pertanda penyakit kanker mulut atau kanker lidah.

Sebagian besar lidah putih adalah karena banyaknya kumpulan sel-sel yang mati, bakteri yang memberikan warna putih tersebut meruapakn kondisi normal di mana bakteri lain yang dimaksud adalah flora normal tubuh.

Lidah berwarna kuning

Saat lidah mengalami warna kekuningan, dapat diindikasikan bahwa tubuh mengalami infeksi bakteri. Jika warna kuningnya agak kehijauan, maka infeksi bakteri sudah cukup tinggi.

Lidah yang berwarna kekuningan pada dasarnya dapat diakibatkan oleh beberapa kondisi berikut ini:

  • Higiene mulut dan kurang terjaga
  • Mengonsumsi makanan atau minuman yang berwarna kuning
  • Penyakit asam lambung
  • Sedang dalam kondisi demam
  • Mengalami penyakit kronis
  • Infeksi
  • Kebiasaan merokok atau minum alkohol
    dan sebagainya

Lidah berwarna merah

Warna lidah merah ini menandakan adanya aktifitas panas pada tubuh. Apabila warna merahnya ada di ujung lidah, hal tersebut menandakan adanya panas pada organ jantung, sedangkan apabila warna merahnya berada di ujung kanan atau kiri lidah itu menandakan adanya masalah pada ginjal dan kandung empedu.

Penyebab lidah berawran merah ini diantaranya Kekurangan vitamin, Infeksi, Lidah geografis, dan Penyakit sistemik.

Lidah berwarna biru

Lidah dengan warna ini menandakan adanya darah dingin atau statis, tidak bergerak.

Lidah berwarna ungu

Lidah berwarna ungu dapat menjadi pertanda penyakit dan masalah kesehatan, seperti bronkitis kronis, kadar kolesterol tinggi dan asupan makanan dingin. Lidah ungu juga menjadi indikasi terjadinya demam dan sirkulasi darah yang tidak lancar. Jika warna ungu merata pada lidah, maka menunjukkan organ tubuh bagian dalam mengalami panas berlebih.

Nah, itulah beberapa warna lidah yang bisa menandakan terjadinya sutu masalah pada tubuh manusia. Perhatikan lidah Anda dan apakah warna lidah Anda sehat atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *