Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan

Di penghujung musim hujan sekarang ini curah hujan masih saja tinggi. Hampir setiap hari wilayah Indonesia di guyur hujan deras. Bagi yang akan beraktivitas di luar hal ini tentunya sangat mengganggu. Musim hujan juga membuat tubuh rentan terhadap serangan berbagai penyakit. Apalagi musim hujan merupakan kesempatan yang baik bagi mikroorganisme penyebab penyakit menyerang manusia. Ada beragam penyakit yang rentan menyerang tubuh di musim hujan diantaranya flu, batuk, sesak napas, masuk angin, penyakit kulit, hingga demam berdarah.

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan

Munculnya berbagai penyakit di musim hujan tentunya membuat anda harus lebih ekstra memperhatikan kesehatan dan kondisi tubuh. Berikut ini beberapa tips menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan yang perlu anda perhatikan :

Sedia Payung dan Jas Hujan
Penting untuk selalu membawa payung atau jas hujan jika anda bepergian keluar, terutama ke tempat yang jauh dari rumah. Meskipun pagi hari cerah belum tentu siang atau sore hari akan cerah. Udara yang terlampau dingin dan air hujan yang mengenai tubuh bisa membuat seseorang sakit.

Konsumsi Vitamin C
Saat sistem kekebalan tubuh menurun pada musim hujan, maka penyakit lebih rentan menyerang tubuh. Untuk itu konsumsi vitamin C sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C bisa anda peroleh dari buah-buahan seperti jeruk, strawberry, tomat, kiwi, jambu biji, dan buah lainnya. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin, dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C, yang pada akhirnya akan membantu anda meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

Istirahat yang Cukup
Kualitas istirahat atau tidur sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk pemulihan seluruh sistem organ. Ambillah waktu tidur secukupnya, tapi jangan berlebihan. Tidur yang berlebihan akan membuat tubuh lemas dan otot kaku. Selain itu, hindari juga begadang atau terjaga hingga larut malam. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Segera Mandi Jika Kehujanan
Penyakit mudah berkembang ketika tubuh mengalami perubahan suhu yang drastis. Karena itu, jika kehujanan anda disarankan untuk segera mandi. Mandi dapat menstabilkan suhu dingin yang dibawa oleh tetes hujan, sehingga suhu tubuh akan kembali normal secara bertahap begitu tubuh anda kering.

Rajin Mencuci Tangan
Mencuci tangan menjadi hal yang penting saat musim hujan, karena pada musim ini kuman mudah untuk menyerang tubuh. Cuci tangan anda setiap selesai beraktivitas di luar rumah dan sebelum makan dengan sabun, kemudain bilas hingga bersih di bawah air yang mengalir. Mayo Clinic di Amerika Serikat menyebutkan bahwa sering mencuci tangan menggunakan sabun adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari penyakit dan mencegah bakteri, virus, serta mikroorganisme lain masuk ke dalam tubuh.

Rutin Berolahraga
Musim hujan bukan berarti penghalang anda untuk berolahraga. Olahraga merupakan cara sederhana dan mudah untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat memberikan pengaruh yang baik pada sistem imun tubuh. Jika anda tidak bisa berolahraga di luar ruangan karena hujan, anda bisa melakukan olahraga dalam ruangan.

Minum Air Secukupnya
Saat musim hujan atau dingin biasanya rasa haus berkurang dan kebanyakan orang malas untuk minum air. Kebiasaan yang seperti ini dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidarasi dengan cepat. Padahal jika tubuh memiliki pasokan air yang cukup akan menambah daya tahan tubuh.

Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya perlu dilakukan di musim hujan. Sebaiknya anda selalu menjaga kesehatan tubuh dengan menerapakan gaya hidup sehat setiap saat. Karena penyakit bisa muncul kapan saja tanpa mengenal waktu. Apalagi saat musim pancaroba, dimana cuaca sering kali tidak menentu dan penyakit mudah menyebar, sehingga kesehatan tubuh harus benar-benar dijaga dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *