Tips Menjaga Tubuh Agar Tidak Mudah Lelah

Lelah adalah kondisi wajar yang dialami semua orang sebagai sinyal tubuh membutuhkan waktu untuk berisitrahat. Rasa lelah biasanya muncul setelah kita melakukan banyak pekerjaan atau aktivitas. Namun terkadang pada sebagian orang rasa lelah bisa muncul meskipun baru sebentar beraktivitas. Kelelahan yang seperti ini jika dibiarkan bisa mengurangi produktivitas anda dalam bekerja.

tips menjaga tubuh agar tidak mudah lelah

Penyebab tubuh mudah lelah atau lesu bukan hanya dikarenakan kondisi tubuh yang sedang sakit. Ada beragam penyebab tubuh mudah lelah. Hal ini berkaitan dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti kurang minum, kurang berolahraga, pola tidur, asupan makanan, dan stress. Padatnya jadwal dalam beraktivitas sering kali membuat kita kurang memperhatikan hal-hal tersebut.

Agar anda tetap bersemangat dalam beraktivitas dan produktivitas anda tetap terjaga, berikut ini ada beberapa tips menjaga tubuh agar tidak mudah lelah dalam beraktivitas sehari-hari :

Memilih Asupan Makanan
Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh bukan hanya bisa mengenyangkan. Perbanyak konsumsi makanan segar seperti sayuran dan buah-buahan secara teratur. Batasi konsumsi makanan yang berbahan dasar tepung dan mengandung kadar gula yang tinggi. Selain itu, anda juga jangan membiasakan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar pada satu kesempatan. Lebih baik konsumsi makanan dalam jumlah yang kecil tiap 3 jam sekali.

Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi
Kekurangan cairan dalam tubuh juga bisa menyebabkan tubuh mudah lelah. Karena itu, minumlah air putih yang cukup setidaknya 8 gelas sehari. Selain air putih, anda juga bisa mendapatkan asupan cairan dari buah-buahan. Dengan demikian tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik, sehingga anda akan mudah berkonsentrasi dan tidak mudah lelah.

Pola Tidur Teratur
Tidur sangat diperlukan tubuh agar tetap fit dalam melakukan aktivitas sepanjang hari. Cobalah untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari, sehingga tubuh memiliki ativitas bilogis yang terjadwal. Agar anda bisa memiliki waktu tidur yang berkualitas anda bisa melakukan hal-hal berikut :

  • Mandi dengan air hangat atau mendengarkan musik yang tenang sebalum tidur di malam hari.
  • Hindari makan dalam waktu 2 jam sebelum tidur.
  • Jangan minum minuman berkafein saat menjelang waktu tidur.

Rutin Berolahraga
Berolahraga yang teratur akan membuat tubuh menjadi bugar dan lebih berenergi saat berkativitas. Bahkan olahraga juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Anda cukp melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, bersepeda atau jenis olahraga lainnya yang anda sukai. Waktu yang dianjurkan untuk berolahraga adalah dua setengah jam dalam satu mingu. Namun anda bisa memulai dengan porsi kecil terlebih dahulu seperti 10 menit setiap hari.

Mengelola Stress
Stress tidak hanya menyebabkan kelelahan mental tapi juga fisik. Untuk menghilangkan stress, anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti mendengarkan musik, menonton film, belanja, atau traveling. Jika anda kesulitan menghadapi masalah anda, sebaiknya konsultasikan dengan teman atau keluarga agar masalah yang anda hadapi terasa lebih ringan.

Quick Nap di Siang Hari
Luangkan waktu sekitar 15-30 menit untuk rileks di siang hari. Lebih bagus lagi jika anda bisa tidur sebentar di waktu itu. Bebaskan pikran dari segala kesibukan dan kepenatan. Dengan relaksasi tersebut badan dan pikiran anda akan kembali fresh dan siap beraktivitas kembali.

Batasi Kafein
Mengkonsumsi kafein dalam dosis wajar dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun terlalu banyak konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat membuat anda mudah kelelahan. Selain itu, kafein dalam kopi, teh, atau minuman bersoda yang dikonsumsi 3 jam sebelum tidur bisa membuat anda sulit tidur dan anda bisa mendadak terjaga di tengah malam. Tidak harus langsung berhenti mengkonsumsi, anda bisa berhenti mengkonsumsi kafein secara bertahap. Pada awalnya mungkin anda akan merasa lemas dan sakit kepala saat tidak mengkonsumsi kafein. Tapi kondisi ini hanya bersifat sementara.

Demikianlah tips untuk menjaga tubuh agar tidak mudah lelah yang bisa anda terapkan dalam keseharian. Dengan melakukan gaya hidup sehat tersebut, tubuh akan tetap fit dan bersemangat dalam beraktivitas. Jika setelah menerapkan tips-tips di atas anda tetap merasa mudah lelah, sebaiknya konsultasikan kondisi anda pada dokter. Karena beberapa kondisi kelelahan yang dirasakan dalam jangka panjang bisa saja merupakan tanda anda sedang mengidap penyakit tertentu.

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *