Tips Agar Mata Tetap Sehat Bagi Pengguna Gadget

Tidak bisa dipungkiri, dengan kemajuan teknologi digital membuat banyak orang tidak dapat lepas dari gadget. Ada sisi positif yang kita dapat, namun ada juga sisi negatif. Sisi negatif disini bisa kita ketahui dengan sebuah resiko, resiko terjadinya masalah kesehatan di mata Anda.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan agar mata tetap sehat dan mendapatkan penglihatan yang baik. Dan berikut ini adalah beberapa Tips Agar Mata Tetap Sehat Bagi Pengguna Gadget.

Tips Agar Mata Tetap Sehat Bagi Pengguna Gadget

1. Mengatur pencahayaan

Pencahayaan yang baik dapat menjaga kesehatan mata kita. Terlalu banyak pencahayaan dapat mengganggu kinerja mata, sedangkan pencahayaan yang terlalu sedikit menyebabkan mata tertekan untuk melihat.

Posisikan layar gadget dengan tepat untuk mengurangi pantulan dari lampu. Jika Anda menatap layar di malam hari, sebaiknya gunakan penerangan yang cukup agar mata tidak gampang sakit. Pencahayaan memang sangat penting agar mata tetap nyaman saat menatap layar gawai dalam waktu yang lama.

2. Menyesuaikan sudut layar.

Layar pada gadget dapat membuat mata terasa silau dan akhirnya akan membuat mata sakit. Untuk mengatasinya, atur kembali posisi layar dengan tepat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Posisi layar yang baik untuk kesehatan mata adalah 4-6 inci di bawah mata. Jika layar gadget Anda masih terlihat silau, belilah lapisan anti silau untuk meredam cahaya dari gawai yang masuk ke mata.

3. Memperbesar teks gadget.

Jika Anda memiliki penyakit mata permanen (seperti minus atau plus) denngan perbesar teks pada gadget Anda akan membantu untuk tidak menyipitkan mata. Hampir semua perangkat dapat disesuaikan menjadi teks yang lebih besar. Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk membaca teks yang terdapat di layar.

4. Mengaturr waktu istirahat.

Seperti halnya tubuh yang membutuhkan istirahat untuk mengganti energi yang hilang, mata juga membutuhkan istirahat. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah metode ‘20-20-20′. Metode ini dilakukan dengan mengistirahatkan mata selama 20 detik dan dilakukan setiap 20 menit. Lihatlah sesuatu yang jaraknya berada sejauh 20 kaki dari Anda. Selain itu, berkediplah sesering mungkin sebagai cara alami untuk mencuci mata. Selain dapat merusak mata, menatap layar kaca juga dapat mengurangi rasa kantuk, sehingga Anda akan sulit untuk tidur.

Itu dia tips-tips yang mudah-mudahan dapat membantu Anda untuk lebih peduli pada kesehatan mata. Bermain gadget boleh-boleh saja, asal Anda harus tetap mempertimbangkan risiko yang dapat menimpa mata. Tetap selalu jaga kesehatan mata!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *