Tips Agar Jantung Tidak Lemah

Tips Agar Jantung Tidak Lemah – Cara yang cerdas untuk menghalau serangan jantung adalah mencegahnya supaya tidak terjadi. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Inilah beberapa tips yang bisa Anda jalankan.

Tips Agar Jantung Tidak Lemah

1. Hentikan Aktifitas Merokok

Dengan rutin merokok, berarti Anda bersedia menanggung resiko untuk terkena serangan jantung hingga 92%. Selain merokok, faktor lain yang membuat jantung menjadi lemah ialah level kolesterol yang tinggi di tubuh. Level kolesterol tinggi dan aktifitas merokok secara rutin akan menciptkan kerak (clot) di pembuluh darah.

2. Berolahraga 30 Menit, 4 Kali Per Minggu

Berolahraga secara rutin 30 menit, 4x/minggu akan memperbesar peluang untuk merasakan panjang umur dan menghindari lemah jantung. Mereka yang malas berolahraga, akan mudah terkena serangan jantung daripada orang yang suka berolahraga.

3. Minum Air Putih Minimal 2 Liter Perhari

Seseorang yang minum minimal 2 liter perhari, akan terjauh dari lemah jantung hingga 54% dibandingkan mereka yang tidak memperhatikan asupan air putih. Para peneliti berkata, air mengencerkan darah, sehingga kerak akibat kolesterol tak menumpuk di pembuluh darah dan mudah terbuang.

4. Gantilah Kopi Menjadi Teh

Berbagai penelitian yang dilaksanakan oleh para ahli menyatakan, mereka yang minum 3 cangkir teh setiap harinya akan terhindar dari serangan jantung. Flavonoids yang terdapat dalam teh adalah antioxidant yang akan memberikan efek bagus bagi tubuh dan memberangus radikal bebas.

Baca juga artikel sebelumnya: Apakah Lemah Jantung Dapat Menyebabkan Kematian

5. Makanlah Ikan Salmon Setiap Sabtu, dan Ikan Tuna Setiap Selasa

Para peneliti di sekolah kesehatan masyarakat Harvard memberi tau, bahwa mereka yang biasa mengonsumsi salmon dan tuna setiap minggunya akan terlindungi dari berbagai penyakit jantung hingga 30%. Kenapa demikian? Asam lemak omega-3 yang ada dikedua ikan tersebut adalah jawabanya.

6. Mintalah Resep Dokter Akan Aspirin dan Vitamin E

Ini adalah tips dari beberapa peneliti di University of Pennsylvania. Dan ini untuk seserang yang memiliki keluhan sumbatan pembuluh arteri hingga 80%.

7. Konsumsi Secangkir Jagung Setiap Hari Sewaktu Sarapan Pagi

Makanan ringan ini memiliki konsentrasi folat yang bagus, mencapai 675 micrograms dibandingkan sereal yang lainya. Adanya folic acid didalam jagung akan mengurangi resiko serangan kardiovaskular mencapai 13%, itulah yang telah diungkapkan oleh para peneliti jantung.

Tips Agar Jantung Tidak Lemah

8. Hitung Hingga 10

Kalau Anda emosi, ataupun marah.. Jangan langsung bereaksi, hitunglah hingga 10 lalu bereaksilah dengan tenang. Ambil nafas dalam-dalam dan tetap tenang. Seringa marah malah akan berakibat buruk untuk Anda.

9. Perbanyak Makan Semangka

Semangka memiliki 40% likopen yang lebih banyak dibandingkan tomat. Penelitian terbaru menunjukkan, tubuh akan lebih mudah menyerap energi ketika seseorang rutin memakan semangka. Memakan 1 buah semangka setiap hari akan menghalau serangan jantung hingga 60%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *