Risiko Kesehatan Yang Bisa Dialami Oleh Pecandu Gim

Salah satu hiburan yang orang-orang di era sekarang, adalah bermain gim. Menarik memang, gim bisa dimainkan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Gim bukan hanya kegiatan yang dilakukan saat waktu luang saja, tapi juga bisa menjadi obat untuk menghilangkan sejenak stres yang melanda.

Berbeda lagi jika kondisi ini membuat seseorang menjadi kecanduan. Terlalu lama beramin gim, memiliki risiko yang tidak baik unuk kesehatan.

Risiko Kesehatan Yang Bisa Dialami Oleh Pecandu Gim

Seperti dilansir dari laman liputan6, ada beberapa risiko kesehatan yang bisa mengancam seseorang yang terlalu kecanduan pada permainan gim, apa saja? Ini dia selengkapnya.

1. Mata lelah.

Sudah pasti saat seseorang bermain gim, orang tersebut akan menatap pada layar tv / komputer / smarthpone cukup lama dan akhirnya berakibat pada kondisi mata kelelahan.

Kondisi ini jika berlarut-larut bisa menyebabkan mata terasa sakit, kram, dan bahkan memiliki risiko tinggi mengalami gangguan penglihatan. Untuk itu, disarankan jika sebaiknya mengistirahatkan mata dalam beberapa detik saat bermain gim. Maksimal, rekomendasi untuk bermain gim adalah 3 jam saja, lebih dari itu akan berbahaya untuk mata.

2. Obesitas.

Obesitas atau kegemukan juga bisa jadi salah satu risiko yang tidak dapat dihindari jika Anda kecanduan dengan gim. Kontan saja, beberapa pemain gim biasanya akan menjadi malas untuk bergerak, bahkan berdiri. Selain itu, rasa lapar yang terjadi dikarenakan pemain gim duduk terlalu lama karena bermain, akhirnya menjadi kebiasaan buruk yang dilakukan rutin dan berisiko mengalami obesitas.

3. Kram.

Jika pemain gim terlalu lama duduk saat bermain, risiko lainnya yang dapat terjadi adalah kram. Kram bisa muncul di bagian-bagian tubuh seperti lengan, pergelangan, dan sikut, dimana bagian tubuh ini adalah paling aktif saat bermain gim.

4. Penggumpalan darah.

Risiko masalah kesehatan yang cukup berbahaya dialami oleh gamer tidak lain adalah penggumpalan darah atau penyakit Deep Venous Thrombosis (DVT). Gangguan ini terbentuk akibat gumpalan darah yang terbentuk di vena tubuh, paling sering adalah bagian paha dan kaki.

5. Gagal jantung.

Terakhir adalah gagal jantung. Gangguan kesehatan yang satu ini juga bisa terjadi pada siapapun yang hobi bermain gim berjam-jam dalam sehari.

Melihat dampaknya, cukup mengerikan bukan? Maka dari itu, Anda yang seorang gamer atau mulai kecanduan main gim, sebaiknya dibatasi waktu untuk bermain. Tetap jaga kesehatan untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan gangguan kesehatan diatas. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

Semoga bermanfaat, salam!

Kata Kunci:

  • linen yang berisiko mengancam kesehatan
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *