Resiko Dan Bahaya Apabila Tidur Terlalu Lama Yang Perlu Diwaspadai

Tidur merupakan kebutuhan manusia yang harus tercukupi. Bahkan semakin baik kualitas tidur Anda , maka akan semakin baik pula ketahan sistem imun pada tubuh Anda. Meskipun begitu, tidur yang bai ialah tidur yang sesuai dengan kebutuhan yakni sesuai dengan jam dan waktunya. Apabila Anda terlalu sering ataupun bahkan tidur terlalu lama itu tidak lagi membuat tidur menjadi salah satu yang bisa menyehatkan tubuh. Karena hal apapun yang dilakukan tidak sesuai dengan porsinya atau aturannya akan berdampak tidak baik. Begitupun apabila Anda tidur terlalu lama itu bisa membuat Anda terkena masalah kesehatan.

bahaya tidur terlalu lamaTidur yang baik bagi orang dewasa adalah 8 jam sehari. Banyak orang telah mengetahui jika seseorang kurang tidur, banyak akibat buruk yang akan terjadi dalam tubuh. Tetapi orang yang terlalu banyak tidur pun akan mengalami risiko buruk.

Berikut beberapa resiko dan bahaya apabila Anda tidur terlalu lama

Dapat Menyebabkan Sakit Kepala
Tidur terlalu lama bisa menyebabkan sakit kepala atau pusing hal itu di sebabkan karena tidur yang banyak akan mempengaruhi kandungan neurotransmitter di otak. Ia akan berjalan tidak seperti biasanya. Hal inilah yang menyebabkan munculnya pusing. Bukan hanya jam tidur yang terlalu lama yang menyebabkan anda sakit kepala.

Memiliki Resiko Terkena Diabetes
Salah satu penyakit serius yang sulit sembuh ialah diabetes. Dan perlu Anda ketahui tidur terlalu lama bisa menimbulkan penyakit tersebut. Karena tidur dalam waktu yang lama juga memicu potensi gejala penyakit gula. Pola tidur yang tidak teratur atau berantakan ini akan membuat kadar gula dalam tubuh anda meningkat.

Terkena Obesitas
Obesiatas atau kegemukan adalah penyakit yang sering mengani masyarakat Indonesia. Banyak hal yang bisa menyebabkan obesiatas dan salah satunya tidur. Tidur juga bisa menjadi penyebab obesiatas karena tidur menjadi penyebab menumpuk lemak di paha, penyebab lemak di leher, dan penyebab lemak menumpuk di lengan.
Pada saat tidur Anda tidak bergerak sehingga kemak yang ada di dalam tubuh tetpa menumpuk dan tidak terbakar.

Sakit Punggung
Terlalu banyak tidur juga dapat menyebabkan sakit punggung karena Anda tidak banyak bergerak di tempat tidur Anda. Pada saat tidur biasanya tubuh Anda banyak tertumpu pada punggung Anda. Oleh karena itu, orang yang terlalu banyak tidur sering mengeluh sakit punggung.

Memiliki Resiko Terkena Penyakit Jantung
Selain diabetes tidur terlalu lama juga dapat mengakibatkan munculnya penyakit jantung, ternyata tidur juga meningkatkan tanda-tanda sakit jantung. Oleh sebab itu jaganlah tidur terlalu lama Anda pasti tahu bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan di dunia dan tidur terlalu lama dapat memicu penyakit tersebut.

Tidur Terlalu Banyak Bisa Meningkatkan Resiko Depresi
Studi pada tahun 2014 membuktikan, seseorang yang tidur terlalu lama mengalami peningkatan gejala depresi. Partisipan studi yang tidur selama tujuh sampai sembilan jam semalam terbukti mengalami 27 persen gejala depresi.

Itulah sedikit pembahasan menganai bahaya apabila Anda terlalu lama tidur. Mengisiwaktu lubur untuk istirahat memang lebih enak digunakan untuk tidur tapi Anda juga tidak boleh lupa bahwa tidur juga harus pada porsinya jangan berlebihan. Karena semua hal yang terlalu banyak juga tidak baik. Usahakan untuk tidur dalam waktu yang cukup dan normal sehingga organ tubuh dan kesehatan Anda terjaga dengan baik.

Anda bisa mengisi waktu luang dan libur Anda dengan melakukan kegiatan sehat seperti berolahraga atapun berlibur dengan melakukan wisata alam bersama keluarga. Itu akan lebih menyenangkan untuk mengisi waktu libur Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *