Informasi Tentang Perkembangan Janin Setiap Bulannya

Hamil merupakan salah satu hal yang sangat di dambakan bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Saat sang istri hamil, biasanya hal ini akan membuat suami dan juga keluarga lebih sangat berhati hati dalam menjaga kesehatan ibu dan janin. Nah kali ini Berita Kesehatan akan membahas tentang informasi seputar perkembanganan janin yang ada di dalam perut setiap bulannya. Bagai mana perkembangannya? Simak saja hal berikut ini :

  • Usia 1 Bulan
    Jika pembuahan berhasil dilakukan, hal ini akan membuat adanya perkembangan embrot dimana disebut dengan zigot kemudian akan menuju pada bagian rahim sehingga membentuk morula dimana morula ini merupakan bentuk tahapan embrio. Biasnya saat bulan pertama akan adanya titik hitam pada bagian wajah dimana kemudian nantinya akan berbentuk menjadi mata. Tidak hanya pisik janin saja, biasanya di bulan pertama juga akan ada plasenta. Perhatikan akan sel darah yang memang sangat baik bagi kesehatan.
  • Usia 2 Bulan
    Biasanya dibulan ke 2 ini akan adanya saraf tulang belakang, otak serta juga telah berbentuk tulang. Selain itu, saat usia kehamilan masuk ke 5 minggu, akan ada juga jantung dimana hal ini juga di barengi dengan adanya peredaran darah. Tidak hanya disitu saja , di usia kandungan ini juga sudah ada berbentuk tangan dan juga kaki
  • Usia 3 Bulan
    Nah dibulan ini biasanya organ dalam sudah mulai untuk berkembang dimana hati ini sudah memproduksi empedu dan bahkan sistem urin juga sudah dinyatakan bekerja dan bahkan sistem peredaran darah juga sudah mulai beroprasi. Di usia 3 bulan ini janin sudah memiliki telinga, kaki, tungkai, tangan, lengan dan bahkan sudah membentuk gigi.
  • Usia 4 Bulan
    Saat usia kehamilan 4 bulan, biasanya diusia ini janin sudah diketahui apakah perempuan atau laki laki. Janin pun sudah berbentuk organ tubuh ditempatnya seperti telinga, sudah bisa menghisap dan bahkan sudah bisa bergerak
  • Usia 5 Bulan
    Tubuh janin ini terlindungi oleh air ketuban hingga dimana hal ini terjadi sampai janin akan lahir. Diusia 5 bulan ini rambut sudah mulai tumbuh.
  • Usia 6 Bulan
    Mata yang tadinya tertutup di usia ini akan menjadi terbuka. Kulit tubupun sudah muncul berwrna merah serta keriput.
  • Usia 7 Bulan
    Usia kehamilan 7 bulan ini akan membuat bati mendengar suara dan juga akan merasakan sakit serta menanggapi cahaya.
  • Usia 8 Bulan
    Perkembangan sangat cepat terjadi saat usia kehamilan 8 bulan. Diusia ini bentuk tubuh sudah sempurna kecuali paru paru. Gerakan bayi yang aktiv dan tendangan yang kencang pasti akan dirasakan ibu saat usia kandungan 8 bulan
  • Usia 9 Bulan
    Tubuh janin sudah sangat sempurna dimana tangan, kaki, mulut, telinga, dan organ organ lainnya sudah komplit. Di usia ini janin semakin tahu tentang cahaya dan sentuhan sentuhan dari orang orang terdekatnya ini.

Itulah beberapa informasi tentang perkembangan janin setiap bulannya dari usia 1 bulan hingga 9 bulan. Hal ini merupakan salah satu proses pembentukan janin yang memang banyak ingin orang tua ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *