Penyebab Dan Tips Mengatasi Haid Tidak Teratur

 

Menstruasi adalah siklus yang terjadi pada tubuh wanita secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Pada umumnya siklus haid terjadi setiap satu bulan sekali, tetapi tidak semua wanita mempunyai siklus haid yang sama, siklus haid tersebuat kadang datang lebih cepat atau lebih lambat. Beberapa wanita juga ada yang mengalami haid tidak lancar yang bisa disebut menstruasi tidak teratur.

Penyebab Dan Tips Mengatasi Haid Tidak TeraturMenstruasi yang tidak teratur adalah kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, cepat, lewat beberapa bulan atau bahakan tidak terjadi sama sekali.
Menstruasi bisa dikatakan tidak lancar apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, lamanya menstruasi berubah-ubah setiap bulannya, dan volume darah tidak sama.

Apa Yang menyebabkan menstruasi tidak teratur?
Terjadinya mestruasi tidak lancar atau tidak teratur bisa terjadi jika seorang wanita tersebut masih berada di tahun-tahun awal menstruasi. Selain itu bisa juga terjadi pada saat menjelang masa monopause.

Bila Anda tidak berada pada kondisi masa pubertas arau mendekati masa monopause, maka menstruasi tidak lancar bisa disebabkan oleh kondisi medis lainnya seperti:

Kehamilan
Apabila menstruasi Anda terlambat, ada kemungkinan Anda tengah mengandung. Untuk itu cobalah pemeriksaan untuk memastikannya. Anda bisa menggunakan tes kehamilan untuk mengetahinya atau bisa juga langsung datang menemui dokter kandungan.

Alat konstrasepsi
Penggunaan alat kontrasepsi seperti IUD atau pil KB dapat menyebabkan perubahan berupa flek diantara siklus menstruasi.
Pola hidup

Obesitas atau kegemukan
Bisa menjadi salah satu penyebab dari menstruasi tidak lancar, bila Anda melakukan olahraga yang berlebihan dan berat badan Anda turun secara drastis hal tersebut juga dapat menyebabkan menstruasi tidak lancar. Siklus menstruasi tidak lancar bisa juga disebabkan oleh keadaan psikologis tubuh Anda seperti stres.

Tiroid
Apabila bagian leher Anda terdapat kelenjar tiroid yang memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Jika tiroid yang Anda derita bermasalah, kadang-kadang dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Untuk itu sebaiknya Anda melakukan konsultasi pada dokter.

Apakah ada cara untuk mengatasi menstruasi tidak teratur?

Beberapa cara berikut bisa Anda coba untuk mengatasi menstruasi tidak teratur yang tengah Anda alami, berikut caranya:

Mengkonsumsi vitamin C
Makanan yang mengandung vitamin C sangat baik dikonsumsi untuk melancarkan menstruasi, ternyata vitamin C ini sangat membantu menurunkan kadar progesteron yang membantu untuk melancarkan datang bulan, selain itu harus diimbangi pula dengan minum air putih yang banyak. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari buah jeruk, jambu atau yang lainnya.

Berolahraga
Dengan melakukan olahraga secara rutin bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan juga bisa meminimalisir terjadinya stres yang menjadi salah satu penyebab menstruasi tidak lancar. Anda bisa melakukan olahraga ringan setiap hari secara rutin.

Meminum air jahe
Air jahe dipercaya dapat melancarakan siklus menstruasi, cara ini telah teruji oleh kalangan medis. Apabila Anda ingin meminum air jahe untuk melancarakan menstruasi Anda disarankan untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter.

Mengkonsumsi jus pepaya dan jus labu
Meminum jus pepaya selama seminggu sebelum datang bulan, bisa memperlancar menstruasi Anda. Jus labu juga bermanfaat dalam mengatasi menstruasi yang tidak lancar.

Menggunakan cuka apel
Cuka apel juga mempunyai khasiat dapat memlancarkan siklus menstruasi, Anda bisa menambahkan cuka apel pada buah, sebagai salad untuk dimakan. Atau Anda bisa menyeduhnya dengan air hangat, kemudian Anda bisa langsung meminumnya.

Itu adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi menstruasi Anda yang tidak lancar. Melakukan pola hidup yang baik adalah cara sederhana yang bisa Anda lakukan agar Anda tidak mengalami menstruasi yang tidak lancar juga agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga dan terhindar dari penyakit. Itulah informasi mengenai penyebab menstruasi tidak lancar serta tips untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat!

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *