Penyakit Jantung Bawaan dan Jenis nya PJB

Penyakit Jantung Bawaan dan Jenis nya PJB – Setelah kami menjelaskan pada artikel sebelumnya mengenai penyakit jantung bawaan pada artikel: ” 5 Ciri Ciri atau Gejala Bayi yang Terkena Sakit Jantung “. Sekarang kami (obatlemahjantung.com) akan akan menjelaskan Jenis jenis dari PJB atau Penyakit Jantung Bawaan.

Penyakit Jantung Bawaan dan Jenis nya PJB

Pada sebagian banyak PJB (penyakit jantung bawaan) yg terdapat di anak anak usia dini adalah adanya kelainan di arteri (pembuluh) darah pada organ jantung. Hal ini bisa memberikan dampak buruk yang bisa berujung kematian, dan memberikan peluang bagi terciptanya kegagalan di organ jantung. Keadaan tersebut bisa karna darah bersih yg seharusnya berjalan secara lancar ke setiap bagian bagian organ di tubuh malah mengalir ke organ paru, namun sebaliknya, darah kotor yg seharusnya berjalan lancar ke organ paru (lungs) justru mengalir ke setiap jengkal bagian tubuh.

Penyakit Jantung Bawaan dan Jenis nya PJB

Supaya bisa mendapatkan penanganan dan perawatan yang cocok, sebaiknya pembaca yg budiman ketahui terlebih dahulu penyakit jantung bawaan dan Jenis nya berikut ini:

      • Defek Septum Atrium

Ialah keadaan terdapat nya lubang di dingding pemisah diantara serambi kanan organ jantung dan serambi kirinya. Karena hal ini, darah tidak bisa mengalir sebagai mana mestinya atau darah malah mengalir ke organ paru paru (lungs).

      • Defek Septum Ventrikel

Sama seperti hal nya jenis Defek Septum Atrium. Yg berbeda adalah, lubang di dinding antara bilik kiri dan kanan organ jantung. Lubang yg ber ukuran kecil tersebut bisa me rapat dengan sendiri nya se cara sedikit demi sedikit dan ber tahap. Akan tetapi tidak begitu di lubang yang ber ukuran besar.

      • Defek Kanal Atrioventrikular

Kelainan pada saluran atriventrikular atau lazim juga disebut dengan Defek Kanal Atrioventrikular biasanya terdapat di anak yang mengalami Down Sindrom. Lazim nya, ada lubang diantara serambi ataupun bagian atas organ jantung, dan juga lubang yg lain di bilik atau bagian bawah organ jantung. Dan juga, terdapat katup berukuran besar yang bisa saja kurang memiliki kesempurnaan.

      • Foramen Ovale Persistent

Penyakit jantung bawaan (PJB) Jenis ini di kategorikan termasuk pada jenis yang tidak parah, tidak seperti jenis PJB (penyakit jantung bawaan) yang lain. Foramen Ovale Persisten yaitu merupakan lubang normal yg ada diantara serambi organ jantung yg dimiliki janin. Lazim nya, lubang itu ter tutup di bulan bulan masa kehidupan awal pada bayi. Akan tetapi, lubang yg tidak ter tutup dengan sempurna itu di sebagian manusia dewasa tidaklah menimbulkan banyak masalah yg berarti.

      • Sindroma Hipoplastik Jantung Kiri

Lazimnya pada keadaan ini dapat di deteksi saat bayi meng alami kondisi yg kritis di waktu waktu awal kehidupan nya. Syndroma Hipoplastik ada karena kurang sempurna nya per kembangan organ jantung di area kiri, hal ini akan membuat nya tidak memiliki kemampuan yang baik dalam mem pompa darah secara adekuat ke setiap bagian tubuh.

      • Duktus Ateriosus Persistent

Keadaan yang biasa terdapat pada bayi yang lahir secara prematur yaitu kondisi  darah yg mengalir dengan banyak menuju organ paru paru nya. Keadaan ini bisa ter jadi karena Duktus tidak menutup paska bayi terlahir. Duktus Ateriosus adalah arteri darah normal yg meng hubung kan pembuluh darah utama (Aorta) dan arteri pulmonalis. Duktus akan terbuka saat janin ber ada didalam perut ibu, serta mendapat pasokan oksigen dari ibunya.

Saat lahir serta bisa ber nafas secara mandiri, duktus harus nya menutup agar terhindar dari percampuran darah kotor dan darah bersih.

      • Tetralogi Fallot

Tetralogi Fallot sering menampakan tanda tanda (gejala) adanya warna ke biru biruan pada anak anak. Di panggil dengan tetralogi dikarnakan merupakan gabungan dari 4 kondisi medic pada organ jantung. Tetralogi yg disebutkan adalah defek septum ventrikel, menebal nya bilik bagian kanan organ jantung, dan kondisi aorta yg harus nya hanya me nyalurkan darah yg berasal dari serambi bagian kiri malah me nerima darah dari serambi bagian kanan dan juga bagian kiri organ jantung.

Itulah 7 jenis penyakit jantung bawaan (PJB), sekarang yg sebaiknya di fahami adalah, bagaimana cara mencegah agar penyakit jantung bawaan tidak mengenai anggota keluarga kita.

Cara mencegah nya:

Cara mencegah agar tidak terkena penyakit jantung bawaan yakni terdapat di cara perawatan bayi ketika masih didalam kandungan atau sering kita dengar dengan istilah asuhan prenatal. Berikut ini adalah langkah langkah perawatan bayi ketika di dalam kandungan yg sebaiknya diperhatikan oleh ibu hamil.

1. Rutin melaksakan pengecekan darah sedari awal masa kehamilan agar tau kondisi daya tahan tubuh ibu hamil dari serangan virus rubella. Apabila di dapati bahwasanya ibu hamil tidak memiliki daya tahan yang cukup dari serangan rubella, maka baiknya melaksanakan vaksinasi rubella bagi bayi paska dilahirkan.

2. Menjauhi obat yg dilarang ataupun juga meng konsumsi makanan, obat, minuman yang mengandung alkohol.

3. Berhati hati dalam meng konsumsi obat, senantiasa komunikasikan dengan dokter.

4. Apabila kadar gula darah abnormal dan / atau terdapat diabetes pada ibu hamil, rutinkan medical check up kehamilan prenatal

Apabila PJB (penyakit jantung bawaan) menyerang bayi anda, janganlah panik dan ragu, tetap tenang dan kendalikan emosi anda, segera dapatkan pertolongan di rumah sakit terdekat, semakin cepat bayi di tangani, semakin besar peluang bayi untuk menjalani hidup dengan normal bahkan mendapatkan kesembuhan. Selain hal tersebut, anak yang mempunyai penyakit jantung bawaan agar rutin di periksa oleh dokter spesialis jantung, dan bahkan juga saat dirinya semakin dewasa jika masih terdapat gejala gejala nya.

KIRIM DULU, BARU BAYAR

Obat PJB

Obat PJB

Penyakit Jantung Bawaan dan Jenis nya PJB

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *