Menggoyangkan Kaki Saat Duduk Baik Untuk Kesehatan

Selamat datang kembali di beritakesehatan.id , pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu tentang menggoyangkan kaki saat duduk baik untuk kesehatan, mungkin diantara kita ini ada banyak yang ketika sedang duduk tidak bisa diam sehingga menggoyangkan kakinya, taukah Anda kalau hal ini ternyata sangat bagus untuk kesehatan. Berikut informasi selengkapnya.

Kebiasaan kaki tidak bisa diam ketika sedang duduk memang terkadang mengganggu orang – orang disekitarnya. Tapi, taukah Anda kalau menggerakan kaki ketika sedang duduk itu sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Menggoyangkan Kaki Saat Duduk Baik Untuk Kesehatan

Duduk terlalu lama bisa memicu adanya gangguan kesehatan tubuh Anda meskipun dampak yang dirasakan tidak langsung terasa. Pada umumnya orang yang sering duduk dalam jangka waktu yang lama merasakan nyeri punggung, karena postur tubuh yang membungkuk, orang yang lama duduk juga beresiko terkena penyakit stroke dengan kurangnya aktifitas fisik yang bisa mengakibatkan peningkatan berat badan, otot melemah dan kepadatan tulang menjadi berkurang seta berkurangnya konsentrasi serta fungsi kognitif otak.

Menggoyangkan Kaki Saat Duduk Baik Untuk Kesehatan

Manfaat menggoyangkan kaki saat duduk baik untuk kesehatan, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli Universitu of Missouri School of Medicine, sengaja menggerakkan kakinya ketika duduk untuk melancarkan peredaran darah dan melindungi arteri terutama di bagian kaki. Peredaran darah yang lancar merupakan kunci pencegahan dari berbagai penyakit seperti penyakit arteri perifer.

  • Mencegah Penyakit Arteri Perifer
    Penyakit yang satu ini disebabkan oleh penumpukan plak dalam arteri dan penumpukan plak ini mengakibatkan arteri jadi menyempit serta akibatnya darah tidak bisa mengalir ke bagian tubuh tertentu, khususnya tungkai mulai dari pangkai paha sampai ujung telapak kaki dan gejalnya seperti rasa nyeri atau kram pada kaki terlebih ketika Anda bangkit atau berdiri dari tempat duduk.

Sedangkan berdasarkan pengamatan para ahli dalam American Journal of Physiology’s Heart and Circulatory Physiology, menggoyangkan kaki saat duduk bisa memicu peredaran darah menuju ke bagian bawah karena pada saat itu adanya aktifitas otot menjadi lebih aktif dan tentunya aliran darah juga menjadi lebih lancar.

  • Membakar Kalori
    Berdarkan penelitian oleh American Association for the Advancement of Science yang dijelaskan dalam jurnal Science mengungkapkan bahwa menggoyangkan kaki bisa membantu Anda membakar kalori dan gerakan ini sangat sederhana meskipun tidak bisa dijadikan sebagai pengganti olahraga yang diperlukan tubuh tapi jika Anda cukup sering melakukannya maka dalam sehari, Anda bisa membakar kalori sebanyak 35 kalori.

Manfaat dari pembakaran kalori ini Anda bisa mencegah terserang penyakit obesitas, jantung dan diabetes jadi daripada hanya duduk alangkah baiknya sesekali Anda menggoyangkan kaki yang juga sangat menyehatkan.

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *