Manfaat Tidur Tanpa Bantal Bagi Kesehatan

Setelah lelah beraktivitas seharian di siang hari, sebagian besar orang menggunakan waktu malam hari untuk tidur. Tidur merupakan waktu yang tepat untuk memulihkan stamina tubuh, agar bisa beraktivitas lagi keesokan harinya. Kualitas tidur sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan anda. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh merasa lebih segar dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

manfaat tidur tanpa bantal bagi kesehatan

Saat tidur kebanyakan orang tidak pernah lepas dari bantal. Namun menurut penelitian untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik disarankan untuk tidur tanpa menggunakan bantal. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ada banyak manfaat tidur tanpa bantal bagi kesehatan. Para ahli medis sepakat bahwa tidur di atas kasur tanpa menggunakan bantal lebih berkualitas bagi tubuh, dengan catatan tidur tanpa bantal dilakukan di kasur. Bahkan para ahli menyarankan kepada orang tua untuk membiasakan anak tidur tanpa bantal.

Berikut ini beberapa manfaat tidak terduga yang akan anda dapatkan dengan tidur tanpa menggunakan bantal :

Mencegah Sakit Leher
Banyak orang yang mengeluhkan sakit leher ketika bangun tidur. Meskipun banyak cara untuk mengatasi masalah tersebut, namun saran terbaik adalah dengan tidur tanpa bantal. Hal ini akan menyebabkan kondisi tubuh berada pada posisi yang optimal dan dapat mencegah nyeri pada leher saat bangun tidur.

Meluruskan Tulang
Tidur tanpa bantal juga diyakini dapat membantu meluruskan dan menormalkan struktur tulang yang anda miliki. Kondisi tulang yang terlalu bungkuk atau miring dapat berpengaruh pada penampilan dan juga kondisi kesehatan tulang. Dengan tidur tanpa menggunakan bantal maka hal ini bisa diatasi.

Mencegah Stress
Penelitian menyebutkan tidur dengan menggunakan bantal justru dapat memberikan tekanan pada otak yang memicu stress dan kecemasan. Sedangkan tidur tanpa bantal dapat membuat otak lebih rileks dan saat bangun anda akan menjadi lebih segar.

Menguatkan Memori
Saat tidur otak akan mengolah memori saat beraktivitas dan menyimpannya. Proses ini akan maksimal jika anda tidur dengan kepala berada posisi yang nyaman dan minim tekanan. Hal ini bisa anda dapatkan dengan tidak menggunakan bantal saat tidur.

Mencegah Penuaan Dini
Bantal bisa menjadi sarang bakteri dam kuman, karena terkadang anda lupa untuk mengganti sarung bantal yang kotor. Saat tidur wajah anda akan menempel pada bantal yang kotor dan akan memicu bakteri penyebab jerawat dan menyumbat pori-pori wajah. Belum lagi kotoran dalam bantal bisa mempercepat timbulnya kerutan di wajah.

Mengatasi Insomnia
Insomnia adalah gangguan sulit tidur atau sulit mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari. Tidur tanpa menggunakan bantal memberikan manfaat merilekskan bagian kepala dan leher yang biasanya terganjal oleh bantal. Kondisi kepala dan leher yang rileks membuat anda bisa tidur dengan nyenyak dan tidak akan mudah terbangun di malam hari.

Itulah sederet manfaat tidur tanpa bantal bagi kesehatan tubuh. Jika anda belum terbiasa tidur tanpa menggunakan bantal, anda bisa melakukan penyesuaian dengan mengganti bantal dengan handuk yang dilipat dan kurangi lipatan handuk setiap harinya. Dengan demikian lama kelamaan anda akan terbiasa tidur tanpa menggunakan bantal. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas anda juga perlu tidur dalam waktu yang cukup yaitu selama 6-8 jam sehari dan usahakan tidur pada permukaan yang empuk dan nyaman.

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *