Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Jantung

beritakesehatan.id – Bulan suci Ramadhan telah tiba, maka tiba saatnya seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa. Selama berpuasa terdapat perubahan pola makan yang menyebabkan perubahan metabolisme dalam tubuh, dan bisa memberikan efek terhadap kesehatan termasuk kesehatan jantung. Manfaat puasa untuk kesehatan jantung mungkin saja tidak anda sadari. Mengingat pentingnya fungsi jantung dalam tubuh, maka menjaga kesehatan jantung adalah hal yang penting, karena jika jantung sehat maka tubuh pun akan sehat.

Penelitian Para Ahli Mengenai Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyebab utamanya adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti pola makan yang buruk, jarang berolahraga, kurang istirahat, dan stress. Penyakit ini bisa terjadi kepada siapa saja di segala usia. Mengingat bahayanya penyakit ini dan bisa menyebabkan kematian mendadak, maka penting bagi anda untuk menjaga kesehatan jantung sedini mungkin.

manfaat puasa untuk kesehatan jantung

Sebuah penelitian pada tahun 2007 menunjukkan bahwa dengan berpuasa resiko seseorang mengalami penyakit jantung koroner menurun secara siginifikan. Penelitian lanjutan menemukan fakta bahwa ternyata berpuasa ikut menurunkan faktor resiko lain seperti trigliserida, kadar gula darah, dan berat badan. Penurunan pada parameter tersebut membuktikan bahwa angka penurunan resiko penyakit jantung memang benar adanya.

Hasil penelitian lainnya yang dilakukan oleh Intermountain Medical Center Heart Institute juga menunjukkan bahwa puasa baik bagi kesehatan diri maupun jantung kita. Para ahli jantung di lembaga tersebut melaporkan bahwa puasa tidak hanya menurunkan resiko seseorang mengalami sakit jantung koroner, namun juga menimbulkan perubahan yang siginifikan pada kadar kolesterol darah.

Kolesterol total tubuh yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL) mengalami kenaikan selama periode puasa. Kenaikan kadar kolesterol ini terjadi karena adanya aktivitas perombakan sel lemak untuk diubah menjadi energi. Puasa menyebabkan seseorang mengalami kelaparan dan menyebabkan tubuh menggunakan lebih banyak kolesterol untuk sumber tenaga.

Penggantian sumber tenaga dari glukosa menjadi koleseterol (LDL) ini terjadi setelah melakukan puasa selama 10-12 jam. Jika hal ini berlangsung terus, akibatnya terjadi penurunan jumlah sel lemak pada tubuh. Seseorang yang memiliki lemak yang lebih sedikit memiliki resiko yang lebih kecil mengalami resistensi insulin dan lebih terlindungi dari diabetes.  Mengingat diabetes merupakan salah satu faktor resiko penyakit jantung koroner.

Berpuasa juga dapat membuat seseorang lebih bisa mengendalikan emosi dan menurunkan stress. Keadaan psikologis seseorang yang tenang saat menjalankan puasa dipercaya dapat menurunkan adrenalin yang bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan naiknya tekanan darah.

Itulah manfaat puasa untuk kesehatan jantung berdasarkan hasil penelitian para ahli. Manfaat tersebut bisa anda dapatkan dengan menjalankan puasa dibarengi dengan asupan dan pola makan yang sehat. Selain menjaga pola makan, anda juga membutuhkan olahraga dan istirahat yang cukup. Setelah mengetahui besarnya manfaat yang anda dapatkan dengan berpuasa, semoga anda lebih termotivasi lagi untuk menjalankan puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *