Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

beritakesehatan.id – Tubuh membutuhkan asupan cairan dalam jumlah cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan seharian. Air putih merupakan pilihan minuman paling sehat demi menjaga tubuh tetap terhidrasi, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Waktu terbaik untuk mencukupi kebutuhan air putih adalah pagi hari saat bangun tidur. Minum air putih setelah bangun tidur dinilai memiliki manfaat lebih bagi kesehatan. Berikut ini informasi penting mengenai manfaat minum air putih saat bangun tidur di pagi hari yang mungkin belum anda ketahui.

Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur Di Pagi Hari

Dibalik penampilannya yang biasa, air putih ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. Air merupakan komponen utama bagi tubuh manusia. Tubuh yang terdiri dari sel, organ, dan jaringan ini tersusun dari 70% air. Karena itu, minum air putih setiap hari sangat penting untuk menunjang kinerja berbagai fungsi tubuh.

Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Manusia membutuhkan asupan air putih setidaknya 8-10 gelas sehari. Sedangkan menurut The Institute of Medcine, air yang dibutuhkan tubuh setiap hari adalah 3 liter atau 13 gelas untuk pria dan 2,2 liter atau 9 gelas untuk wanita. Meski demikian kebutuhan air setiap orang berbeda-beda, tergantung ukuran tubuh dan aktivitas yang dilakukan.

Pagi hari saat perut masih dalam keadaan kosong merupakan saat yang paling tepat untuk minum air putih. Air putih merupakan cairan yang mudah diserap oleh tubuh. Itulah sebabnya minum air putih di pagi hari memberikan manfaat besar untuk kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Menurut hasil penelitian, inilah beberapa manfaat minum air putih ketika bangun tidur di pagi hari :

Membantu Menyingkirkan Racun
Jika anda minum air putih sebelum tidur, hal ini membantu perbaikan tubuh anda dan membantu meluruhkan racun dalam tubuh. Sedangkan saat anda minum air putih setelah bangun tidur, secara otomatis racun yang mengendap dalam tubuh anda akan dikeluarkan melalui urine.

Meningkatkan Metabolisme
Meminum air putih saat perut kosong dapat meningkatkan 30% tingkat metabolisme. Jika metabolisme meningkat berarti fungsi sistem pencernaan meningkat. Minum air putih saat bangun tidur juga dapat membersihkan usus besar, sehingga tubuh anda dapat lebih mudah menyerap nutrisi.

Mengatasi Gangguan Pencernaan
Asam lambung yang naik ke kerongokongan pada malam hari, menyebabkan rasa asam di mulut dan perut terasa mulas. Ketika anda minum air saat perut kosong, asam ini akan kembali didorong ke lambung dan menjadi lebih encer. Selain itu, segelas air putih yang diminum saat perut kosong juga dapat melancarkan pencernaan, sehingga buang air besar menjadi lebih mudah.

Mencegah Batu Ginjal
Manfaat minum air putih saat bangun tidur yang selanjutnya adalah dapat mencegah anda dari batu ginjal. Minum air putih yang cukup dapat membantu meringankan kinerja ginjal. Hal ini dikarenakan air dapat melarutkan zat dalam urine yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kebiasaan minum air putih saat bangun tidur di pagi hari dapat menyeimbangkan sistem limfatik. Hal ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh meningkat, karena cairan tubuh anda seimbang dan dapat mencegah anda tekena penyakit.

Mengatasi Sakit Kepala
Dehidrasi merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Dengan meminum air putih di pagi hari, maka dapat mencegah anda terserang sakit kepala.

Meningkatkan Kesehatan Kulit
Penuaan dini dan pembesaran pori-pori kulit salah satunya disebabkan oleh dehidrasi. Sebuah hasil studi menyebutkan bahwa meminum sekitar 500 ml air saat perut kosong dapat memperlancar aliran darah di bawah kulit dan membuat kulit lebih bersinar. Perlu anda ketahui, meminum air yang cukup berarti membuang racun di tubuh anda, begitupun racun di kulit.

Menyehatkan Rambut
Setiap sehelai rambut seperempat bagiannya adalah air. Hal ini membuat peranan air sangat penting bagi kesehatan rambut. Kekurangan asupan air dapat membuat rambut manjadi rapuh dan tipis. Karena itu anda harus meminum air yang cukup dan meminum air saat perut anda kosong di pagi hari akan membuat rambut anda lebih berkilau.

Itulah manfaat yang akan anda peroleh jika membiasakan minum air putih saat perut kosong di pagi hari. Kebiasaan minum air putih ini merupakan cara termudah untuk membuat perubahan positif dalam gaya hidup anda.

Kata Kunci:

  • contoh artikel bahasa inggris tentang air putih,
  • bawang putih campur air kelapa,
  • bawang putih campur airkelapa,
  • Hasiat lobak putih
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *