Manfaat Melon Bagi Jantung

Manfaat Melon Bagi Jantung – Melon lebih dikenali oleh dunia barat dengan nama “Muskmelon”. Istilah ilmiah dari muskmelon ialah “Cucumis melon”. Nama itu diambil dari aroma musky yang dihasilkan nya ketika dibelah. Melon juga dikenali dengan nama lain “Cantaloupe”. Bila kita tinjau dari nutrisinya, melon mengandung serat yang bagus bagi pencernaan. Dengan kandungan vitamin C dan A, ditambah dengan potassium, melon tak bisa dipandang sebelah mata. Hal tersebut membuat melon menjadi buah yang wajib kita makan sebulan sekali, demi memenuhi nutrisi harian kita. Selain manfaat melon bagi jantung, juga memiliki manfaat lain.

Manfaat Melon Bagi Jantung

Manfaat Melon Bagi Jantung, dan Juga Baik Untuk:

  • Menyehatkan Paru-paru

Melon kaya akan kandungan vitamin A nya, yang mana akan memberikan kontribusi nya terhadap kesehatan paru-paru. Penelitian yang terpublikasi di “Journal of Nutrition” yang diterbitkan pada tahun 2003 yang lalu memperlihatkan: Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan jasa kelinci percobaan yang diasupi vitamin A dan memiliki penyakit pernafasan (emfisema). Benzo(a)pyrene, yang kita ketahui sebagai karsinogen rokok, dapat membuat paru-paru semakin rusak. Oleh karena nya, vitamin A yang ada di kelinci percobaan itu bermanfaat untuk menyerang balik karsinogen tersebut. Makanlah secangkir melon untuk paru-paru yang sehat.

  • Menyehatkan Mata

Mata kita membutuhkan vitamin A untuk senantiasa sehat wal ‘afiah. Melon akan bermanfaat sebagai beta karotin. Mengonsumsi beta karotin akan menolong retina kita dari degenerasi penglihatan, juga bermanfaat untuk men transmit informasi ke otak kita. Selain itu, akan mempermudah mendeteksi cahaya yang masuk. Kalau saja kita tercukupi akan nutrisi harian kita, besar kemungkinan akan terhindar dari serangan penyakit katarak.

  • Memperkuat Imun Tubuh

Vitamin C yang tinggi didalam melon, akan memperkuat imun tubuh dengan cara menstimulasi sel darah putih untuk memberangus berbagai virus dan bakteri di tubuh. Tak cuma itu, vitamin C didalam melon akan mencegah kita terserang dari berbagai penyakit dan juga infeksi. Vitamin C juga berguna untuk meregenerasi vitamin E yang berkurang akibat serangan radikal bebas. Sebaliknya, vitamin E akan men suport imun tubuh kita supaya berfungsi secara maksimal. Dengan memperbanyak asupan vitamin C supaya terpenuhi untuk tubuh kita, maka akan bermanfaat untuk mencegah kita dari serangan penyakit jantung, kanker dan juga stroke. Makanlah secangkir melon setiap harinya, dengan demikian kita akan mendapatkan 87% kebutuhan harian akan vitamin C. Selain manfaat melon bagi jantung juga bermanfaat untuk Memperkuat imun tubuh.

  • Memelihara Kesehatan

Melon mengandung limpahan potassium yang akan berkolaborasi secara baik dengan sodium. Paduan sodium dan potassium didalam tubuh akan menjaga otot dari kram dan menstabilkan tekanan darah. Dengan stabilnya tekanan darah, maka akan berimbas pada kesehatan organ jantung. Tambahan lainya ialah; Potassium akan menolong kita menjaga keseimbangan elektrolit didalam cairan extracellular, yang akan mencegah kita dari dehidrasi. Secangkir melon menyediakan 473mg potassium, 10% kebutuhan harian kita.

  • Menenangkan Jiwa

Potassium didalam melon akan menolong kita dari stress. Tanpa adanya potassium yang mencukupi, akan berimbas pada organ jantung yang akan berdetak tak karuan. Potassium didalam jus melon akan membuat organ jantung kita lebih sehat dan terhindar dari jantung berdebar. Dengan demikian, juga akan bermanfaat pada otak kita yang mendapatkan asupan oxygen secara maksimal.

Efek Samping Buah Melon

Walau terdapat banyak manfaat, bila kebanyakan dimakan, melon atau cantaloupe memiliki efek samping. Efek samping buah melon ialah:

  1. Perut kembung.
  2. Alergi.
  3. Sembelit.

Ternyata, efek samping nya tak sebanyak dengan manfaat yang kita dapat. Maka dari itu, konsumsi melon dengan jumlah yang seimbang, supaya manfaat yang kita unduh dapat maksimal.

Inilah artikel kami yang berjudul Manfaat Melon Bagi Jantung. Ternyata selain bermanfaat untuk jantung, bisa juga untuk menjaga jiwa kita dari stress, menyehatkan mata, paru-paru, dan imun tubuh. See you later, readers! Thanks for read it.

Ditulis oleh: Obat Lemah Jantung dot com.

Silahkan beralih ke artikel sebelumnya: Tips Agar Jantung Tidak Lemah

15 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *