Manfaat Mandi Menggunakan Air Dingin Untuk Kesehatan

Manfaat Mandi Dengan Air Dingin Bagi Kesehatan

Mandi dengan menggunakan air hangat memang banyak diminati dan lebih disukai oleh sebagian besar orang, sehingga orang-orang biasanya lebih memilih mandi dengan air hangat dibandingkan air dingin. Apalagi jika cuaca sedang hujan atau dingin membuat mereka lebih senang mandi dengan air hangat. Tapi tahukah Anda mandi dengan air dingin lebih banyak manfaatnya dari pada mandi dengan air hangat. Selain tubuh akan terasa segar mandi dengan air dingin juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Sekarang dengan semakin majunya teknologi, apabila ingin mandi dengan air panas Anda tinggal menyalakan pemanasa air dengan mudahnya. Hal itu menjadi salah satu alasan orang-orang menjadi jarang mandi dengan menggunakan air dingin.

manfaat mandi air dingin
Mandi air dingin idealnya pada pagi hari, siang atau maksimal sampaki jam 14.00 sore hari. Yang jelas jangan mandi dengan air dingin pada malam hari. Udara di pagi hari yang sejuk dan ditambah dengan mandi air dingin akan membuat tubuh jadi lebih bugar dan kelihatan segar. Dengan kondisi tersebut, Andapun bisa tambah bersemangat mengawali hari dengan beragam aktivitas. Selain bisa menyegarkan tubuh mandi air dingin juga memiliki beberapa manfaat diantaranya:

Menjaga kulit tetap lembab
Mandi pagi ini mirip dengan proses detoksifikasi, yaitu bermanfaat untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh dan kulit. Jadi kelembabkan serta kesegaran kulit akan tetap terjaga.

Bermanfaat bagi kekebalan tubuh
Mandi dengan menggunakan air dingin akan meningkatkan metabolisme, meningkatkan panas tubuh serta menghidupkan kembali sistem kekebalan dengan melepaskan sel darah putih. Sel darah putih adalah sel darah yang menjadi sistem pertahanan tubuh dari penyakit.

Meningkatkan kesuburan
Mandi air dingin ternyata bisa meningkatkan produksi hormon testoteron/hormon pria dan estrogen/hormon wanita yang dapat meningkatkan keseuburan reproduksi pria dan wanita.

Dapat Mengurangi stress
Saat kita mandi dengan air dingi, oksigen akan mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh. Kebutuhan oksigen pada tubuh yang sudah terpenuhi tersebut akan membuat tingkat stress berkurang.

Akan meningkatkan metabolisme tubuh
Ketika tubuh disiram air dingin, tubuh akan menstabilkan suhu dengan menghasilkan panas, yang akan membuat metabolisme tubuh meningkat dengan cepat. Dengan meningkatnya metabolisme karbohidrat serta lemak yang ada pada tubuh akan dengan cepat terbakar sehingga Anda akan merasa hangat.

Menurunkan berat badan
Mandi air dingin dapat merangsang produksi lemak coklat yang berguna sebagai pembakar tumpukan lemak jahat di tubuh. Air dingin akam membuat produksi lemak meningkat dan lemak jahatpun akan terbakar, dan Anda bisa memperoleh tubuh yang ideal.

Meningkatkan energi dan pikiran
Mandi dengan air hangat memang terasa sangat nyaman, tapi mandi dengan air dingin ternyata bisa membangkitkan tubuh dan pikiran. karena mandi dengan air dingin sangat menyegarkan sehingga akan membuat energi pada tubuh meningkat dan pikiran menjadi lebih nyaman.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan apabila Anda mandi dengan menggunakan air dingin, lebih banyak manfaat baiknya bukan? Mandi dengan menggunakan air hangat boleh-boleh saja dilakukan tapi jangan terlalu keseringan atau menjadi kebiasaan pasalnya mandi dengan air hangat bisa menimbulkan dampak buruk bagi tubuh.

Beberapa dampak buruk akibat mandi air hangat ialah akan membuat pori-pori kulit menjadi besar, kualitas sperma menurun, dan bagi ibu hamil akan berbahaya untuk kesehatan janin dalam kandungannya.

Baca Juga Artikel Penyebab Dan Tips Mengatasi Haid Tidak Teratur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *