Manfaat Kesehatan Dibalik Harumnya Daun Pandan

Daun pandan menjadi salah satu tanaman yang sangat familiar di Indonesia. Tanaman daun pandan juga cukup mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

Orang-orang memanfaatkan daun pandan yang memiliki harum yang khas sebagai pelengkap makanan seperti kue-kue, pewarna makanan dan penambah rasa untuk makanan. Tapi apakah Anda tahu jika daun pandan juga bermanfaat untuk kesehatan?

Hal ini didasarkan pada kandungan alami pada daun pandan yang terdiri dari tanin, glikosida dan alkaloid, yang manfaatnya begitu sayang jika dilewatkan begitu saja.

Manfaat Kesehatan Dibalik Harumnya Daun Pandan

Dan, berikut adalah Manfaat Kesehatan Dibalik Harumnya Daun Pandan.

1. Menetralkan racun.

Sebelumnya mungkin Anda hanya mengetahui jika air kelapa hijau yang mampu menghilangkan atau menetralkan racun, namun teh daun pandan juga ternyata memiliki manfaat yang sama. Daun pandan efektif untuk detoksifikasi tubuh, terutama untuk organ hati. Selain menetralkan, daun ini juga membantu melepaskan racun dan kotoran dari tubuh. Manfaat lainnya sebagai pencahar ringan dan benar-benar aman, serta bisa dianjurkan juga untuk anak-anak.

2. Membantu menurunkan kadar gula darah.

Dalam penelitian yang diterbitkan jurnal Pharmacognosy Magazine membuktikan jika ekstrak daun pandan mampu mengurangi gula darah postprandial (pemeriksaan gula darah tanpa dilakukan berpuasa terlebih dahulu). Ekstrak daun pandan dikatakan mampu mendorong produksi insulin pada sel-sel pankreas. Secara umum memanf manfaat dari daun pandan memiliki potensi sebagai sumber alami antihiperglikemik.

3. Meredakan rasa nyeri.

Daun pandan memiliki sifat alami sebagai analgetik yang bertindak sebagai pereda nyeri untuk sakit kepala, nyeri dada, dan arthritis. Untuk menggunakan daun pandan sebagai pereda nyeri, Anda bisa minum teh pandan dua kali sehari. Daun pandan juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kram perut.

4. Mengatasi kanker.

Menurut penelitian tahun 2014 silam, ekstrak akar dan daun pandan memiliki efek sitotoksik, antimitotik, antiproliferatif dan apoptosis. Semua efek ini baik untuk mencegah atau menghentikan pertumbuhan kanker. Maka dari itu, pandan memang memiliki potensi untuk digunakan dalam terapi kanker, seperti yang telah digunakan sebelumnya dalam waktu yang lama secara tradisional.

5. Mengatasi rematik.

Rematik adalah penyakit yang menyebabkan radang, dan kemudian mengakibatkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada persendian. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun, dan yang paling sering terkena yaitu tangan, pergelangan tangan, kaki dan lutut. Yang lebih jarang terkena yaitu bagian tubuh lain, seperti paru-paru, mata, jantung, pembuluh darah, kulit dan saraf. Sebagian orang menggunakan daun pandan untuk mengatasi rematik. Caranya dengan merebus daun pandan segar dengan minyak kelapa, diaduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan olahan daun pandan ini sebagai obat gosok untuk dioles pada bagian yang rematik.

7. Menghilangkan ketombe dan rambut rontok.

Jika Anda memiliki masalah pada ketombe dan rambut rontoj, segera manfaatkan daun pandan. Cara pemakaiannya dengan menjadikan daun pandan untuk masker rambut. Tumbuk halus daun pandan lalu tambahkan air, aduk hingga rata. Oleskan pada rambut dan pijat kulit kepala dengan lembut. Diamkan beberapa menit dan cuci rambut hingga bersih.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda, salam!

Kata Kunci:

  • manpaat daun dewa,
  • manpaat daun salam
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *