Makanan Yang Dapat Menunda Serangan Osteoarhritis

Semakin bertambahnya usia, bantalan tulang sendi secara perlahan bisa semakin menipis. Selain itu kekentalan dan elastisitas dari cairan synovial yaitu asam hialuronat yang berfungsi sebagai pelumas, semakin berkurang. Akibat dari kondisi seperti ini bisa timbul Osteoarthritis (OA) yang menyebabkan kerusakan pada tulang rawan sendi. Walaupun penyakit Osteoarhritis selalu terjadi pada orang-orang lanjut usia, tapi tidak ada salahnya untuk menunda terjadinya serangan Osteoarthritis ini.

Makanan Yang Dapat Menunda Serangan Osteoarhritis

Berdasarkan penurutan Yuddi Suyud, Senior General Manager Medical Promotion and Development Combiphar, menyatakan jika penyakit Osteoarthritis bisa ditunda kemunculannya dengan mulai menerapkan pola dan gaya hidup sehat.

Untuk menunda serangan dari penyakit Osteoarthritis, Anda bisa mulai berolahraga dengan rutin sesuai kemampuan dan menjaga agar asupan nutrisi tetap seimbang. Hal ini dimaksudkan supaya pelupas sendi tidak cepat berkurang. Didukung dengan konsumsi makanan yang dianjurkan untuk menunda Osteoarthritis, seperti Anggur merah, Blueberry, Bayam, Wortel, Ikan salmon dengan kandungan Omega 3. Selain itu makanan dengan kandungan Vitamin D yang baik untuk tulang dan sendi seperti telur, jamur, dan susu. Juga biji-bijian serta kacang-kacangan yang meliputi kacang merah, kacang hitam, kenari, dan almond.

Adapun jenis makanan yang perlu dihindari seperti produk makanan olahan, makanan dengan kandungan lemak jenuh, dan karbohidrat olahan. Makanan dengan kandungan garam berlebih juga sebaiknya dihindari karena akan memicu peradangan pada sendi.

Tidak perlu dilakukan suatu tindakan pengobatan untuk penyakit Osteoarhritis, sebelum terjadi serangan lebih baik mencegah dan memperhatikan hal-hal apa saja yang kiranya dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan sendi Osteoarhritis.

1 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *