Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Kolestrol

Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Kolestrol

Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu anda mengurangi tingkat kolestrol dalam darah. Kolestrol sudah bukan lagi hanya menjadi masalah orang tua, bahkan pada usia muda pun seseorang bisa menderita kolestrol. Penyebabnya beragam dan salah satunya adalah kurang mengonsumsi makanan sehat.

Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Kolestrol

Banyak mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan kadar kolestrol. Jika kolestrol sudah bersarang di tubuh kita maka dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan beberapa penyakit lainnya. Jika anda sudah terlanjur menderita kolestrol tinggi, sudah seharusnya anda menjaga makanan dengan mengonsumsi makanan sehat.

Makanan Sehat Untuk Penderita Kolestrol

Guna menurunkan tingkat kolestrol dalam darah, anda membutuhkan makanan yang sehat yang dapat menurunkan kolestrol. Berikut ini adalah makanan yang baik untuk anda konsumsi :

>> Makanan yang mengandung kacang kedelai. Makanan seperti puding kedelai tanpa gula, susu kedelai, kacang edamame dan tahu mengandung protein yang dapat mengurangi kolestrol dalam darah. Mengonsumsinya sebanyak 0,5 ons dalam sehari bisa mengurangi kolestrol anda setidkanya 6%.

>> Buah dan sayuran. Tidka perlu diragukan lagi, jika anda ingin lebih sehat sebaiknya anda mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur. Kenapa ? karena buah dan sayur merupakan makanan dengan lemak jenuh yang rendah. Jika anda mengonsumsinya lebih banyak maka anda anak lebih merasa kenyang sehingga mengurangi kemungkinan mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh. Konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti brokoli, apel, pir, ubi, stroberi dapat menurunkan kolestrol.

>> Kacang-kacangan. Kacang bisa mengurangi kolestrol dalam darah karena mengandung protein, vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, serat, dan kalium. Anda bisa menurunkan kolestrol anda sebanyak 5% jika mengonsumsi sekitar 1-2 ons kacang-kacangan dalam sehari.

>> Jelai dan oat. Mengonsumsi lebih banyak kedua jenis makanan ini bisa mengikat kolestrol dalam usus dan mencegahnya diserap oleh tubuh. Hal ini terjadi karena kedua jenis makanan ini mengandung serat yang disebut beta glukan. Konsumsi sekitar 3 gram makanan yang kaya akan beta glukan dalam sehari dipercaya dapat mengurangi kolestrol dalam tubuh. Selain kedua jenis makanan ini, kacang merah juga mengandung serat larut. Anda bisa menjadikan bubur oat sebagai sarapan dan mencampurkannya dengan buah seperti pisang untuk menambahkan kadar serat dalam makanan anda.

>> Ikan dan asam lemak omega 3. Ikan seperti salmon, makarel, tuna, dan sarden mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Omega 3 memang tidak berpengaruh pada kadar kolestrol jahat (LDL) darah, tapi dapat menurunkan risiko terbentuknya bekuan darah. Konsumsilah setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu. Omega 3 mengurangi kemungkinan munculnya serangan detak jantung tidak beraturan serta mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

>> Avokad. Buah ini salah satu yang kaya kandungan lemak tak jenuh. Usahakan untuk mengonsumsi avokad dalam bentuk buah, bukan dalam bentuk jus yang sudah dicampur gula dan susu. Penderita kolestrol tinggi perlu membatasi asupan lemak jenuh. Batas asupan lemak jenuh pada wanita adalah 20 gram, sedangkan batas untuk pria adalah 30 gram.

>> Makanan yang dipercaya sterol dan stanol. Fungsi dari kedua unsur ini adalah menghalangi tubuh untuk menyerap kolestrol. Makanan yang mengandung sterol dan stanol adalah kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, buah, dan minyak nabati, kecuali minyak kelapa sawit dan minyak kelapa. Minyak kelapa sawit d an minyak kelapa adalah jenis minyak nabati yang kaya akan lemak jenuh. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung sterol dan stanol. Konsumsi setidaknya 2 gram sterol atau stanol bisa menurunkan kadar kolestrol dalam darah setidaknya sepersepuluhnya.

Tiap makanan yang dijelaskan diatas memberikan manfaat sendiri, namun perubahan gaya hidup juga membantu dalam menurunkan kolestrol tinggi. Selain mengubah menu makanan, menurunkan kolestrol tinggi bisa dibarengi dengan berolahraga secara rutin, menjgaa berat badan ideal, dan berhenti merokok. Namun jika anda sudah menjalani hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan melakukan olahraga, tapi kolestrol anda masih saja tinggi cobalah hubungi dokter. Semoga Bermanfaat.

 

Kata Kunci:

  • apakah daun gelinggang bisa untuk obat kolesterol,
  • manpaat daun gelinggang,
  • klabet bahasa jawa
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *