Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Setelah Melahirkan

Bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan, memiliki kondisi tubuh agar kembali menjadi langsing tidak perlu sampai terburu-buru. Ada baiknya, ibu lebih fokuskan untuk memiliki energi untuk dapat merawat bayi. Fakta yang tidak bisa dicegah lagi bahwasanya saat mengurus bayi baru lahir, kondisi ini akan sangat menyita perhatian ibu, tenaga dan juga pikiran.

Solusi yang terpenting untuk ibu adalah senantiasa tetap mengkonsumsi makanan sehat setelah melahirkan. Jangan takut untuk berat badan bertambah, nanti juga ada waktunya saat Anda bisa mengembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan. Dokter bahkan menyarankan agar bunda boleh kembali diet dan berolahraga jika setelah minggu ke 6 atau 8 setelah melahirkan.

Ibu sebaiknya lebih mengutamakan mengkonsumsi makanan dengan kandungan tinggi protein juga karbohidrat. Setelah melahirkan, masa-masa ini adalah dimana ibu akan merasa mudah lapar. Hal tersebut sebenarnya normal karena dipicu oleh hormon. Dengan ibu mengkonsumsi makanan tinggi kadar Protein, akan membantu memenuhi rasa lapar, dan kombinasi dengan makanan tinggi Karbohidrat membantu ibu memiliki energi elbih baik. Jangan lupa dengan sayuran dan buah-buahan yang sama baiknya untuk ibu.

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Setelah Melahirkan

Berikut Ini Adalah Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Setelah Melahirkan.

  • Telur.

Sumber makanan berprotein ini mudah didapatkan, termasuk cara memasaknya yang mudah dan beragam yang bisa disesuaikan dengan selera.

  • Salmon.

Ikan termasuk sumber makanan dengan kandungan DHA yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. ASI dari ibu yang mengonsumsi DHA, akan memiliki kandungan DHA lebih tinggi. Selain itu, DHA dalam ikan salmon juga diperlukan untuk memperbaiki suasana hati. Sejumlah studi mengungkap jika DHA berperan penting untuk mencegah terjadinya depresi pasca melahirkan. Akan tetapi, batasi konsumsi Salmon sekitar 340 gram perminggu.

  • Sayuran hijau.

Adalah Bayam, buncis, dan lainnya termasuk sumber zat besi yang bisa membantu ibu pulih lebih cepat pasca melahirkan.

  • Daging sapi tanpa lemak.

Termasuk makanan dengan sumber nutrisi zat besi dan Vitamin B12 yang baik untuk ibu juga bayi. Jika ibu kekurangan zat besi, nantinya akan sulit untuk memenuhi kebutuhan si kecil karena ibu kurang bertenaga.

  • Jeruk.

Kandungan Vitamin C pada Jeruk membantu meningkatkan energi ibu setelah melahirkan. Selain itu, perlu diketahui bahwa ibu menyusui membutuhkan lebih banyak Vitamin C daripada saat hamil.

  • Almond.

Dalam Almond terdapat beragam nutrisi diantaranya potassium, magnesium, kalsium, zinc, vitamin B12, vitamin E, serat, dan karbohidrat. Manfaat Almond ideal untuk ibu dan dapat dikonsumsi ketika masa pemulihan pasca melahirkan.

  • Produk susu rendah lemak.

Entah itu dalam bentuk susu, keju, yogurt, atau produk olahan susu lainnya, konsumsi beberapa produk olahan susu tersebut termasuk kebutuhan ibu menyusui yang tak boleh dilewatkan. Makanan-makanan ini menyediakan sumber Vitamin D dan kalsium yang baik untuk tulang. Walaupun begitu, konsumsi suplemen kalsium sebaiknya melalui rekomendasi dokter. Selain produk susu, makanan lain yang mengandung kalsium antara lain kacang-kacangan, kacang polong, dan sayuran hijau.

Selain beberapa rekomendasi makanan diatas, jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan air minum. Dan jika ibu memiliki kadar ASI yang sedikit, disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat besi seperti biji-bijian, makanan berkalsium, Vitamin dan Mineral.

Kata Kunci:

  • khasiat ensure untuk jantung,
  • manfaat susu ensure untuk jantung,
  • susu ensure kegunaanya
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *