Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Jantung Koroner

Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Jantung Koroner – Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang di sebabkan oleh plak yang mengedap di pembuluh darah (arteri) koroner sehingga menghalangi laju darah.

Ketika plak yang terendap sekian lama di dalam arteri menyebabkan aterosklerosis.

makanan sehat penderita jantung koroner

Arteri jantung koroner memberikan suplai yang kaya akan oksigen di darah yang menuju otot organ jantung.

Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Jantung Koroner

Untuk penderita penyakit jantung koroner, tentunya diharuskan mengonsumsi makanan yang sehat dan dianjurkan ahli diet.

Makanan sehat yang rendah lemak, dan tinggi serat sangatlah dianjurkan para ahli gizi, bagi penderita penyakit jantung koroner.

Yang termasuk kedalam kedalam makanan sehat adalah buah-buah an dan berbagai macam sayuran, 5 porsi dalam sehari termasuk didalamnya adalah biji-bijian.

Penderita penyakit jantung koroner hendaknya mengurangi asupan garam bagi tubuhnya dalam sehari tidak boleh lebih dari 6 gram.

Ketika penderita penyakit jantung koroner mengonsumsi garam yang terlalu banyak (>6gram) maka akan menaikkan tensi darah penderita penyakit jantung koroner. 6 gram itu setara dengan satu sendok teh.

Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung Koroner adalah:

1- Minyak Ikan

Minyak ikan adalah makanan sehat yang dihasilkan dari jaringan ikan.

makanan sehat penderita jantung koroner

Makanan sehat Minyak ikan mengandung EPA omega-3 dan DHA, yang mana diperlukan untuk mengurangi peradangan tubuh. Makanan sehat minyak ikan diperlukan untuk mencegah serangan jantung koroner.

obat jantung koroner

2- Alpukat

Dalam seporsi (100gr) makanan sehat alpukat kaya akan vitamin B dan vitamin K, ditambah dengan kandungan vitamin C, E, dan potassium yang tinggi.

makanan sehat penderita jantung koroner

Alpukat pun memiliki karotenoid, seperti lutein dan zeaxanthin.

3- Kacang

Kacang adalah sumber energy dan makanan sehat untuk penderita jantung koroner, yang memiliki berbagai khasiat yang baik dan mengandung banyak kalori, asam linoleic, dan vitamin.

makanan sehat penderita jantung koroner

Makanan sehat kacang ini mengandung vitamin E, B2, Folat, dan Serat.

Kacang yang baik untuk penderita jantung koroner adalah kacang yang diolah dengan cara di sangrai atau gongseng, karna dalam proses tersebut.. lebih dari 15% lemak yang terkandung di dalam nya menghilang ketika proses sangrai berlangsung.

4- Biji Bunga Matahari

Makanan sehat yang selanjutnya adalah Biji Bunga Matahari.

makanan sehat penderita jantung koroner

Makanan sehat yang satu ini sungguh unik, karena kaya akan banyak esensi. Faktanya.. Vitamin E, Vitamin B seperti selenium, fosfor, tiamin, dan banyak lagi.

Biji Bunga Matahari ini memberikan sumber-sumber yang menyehatkan, seperti asam linoleic, serat, asam amino.

5- Olive oil (Minyak Zaitun)

Olive oil menjadi makanan sehat yang bisa mencegah penyakit jantung koroner, darah tinggi (hipertensi) dan stroke, ini adalah hasil penelitian yang dihasilkan dari Amerika Utara.

makanan sehat penderita jantung koroner

Olive oil berasal dari buah olea europaea, pohon yang banyak tumbuh di mediterania, dimana banyak yang memproduksi olive oil. Dan dimanapun saat ini terdapat dimanapun.

Kosmetik, obat-obatan, bahan masakan, sabun, semua barang tersebut adalah hasil dari olive oil, bahkan selain menjadi makanan sehat, olive oil pun menjadi lampu minyak tradisional.

Penderita jantung koroner juga sebaiknya mengurangi makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi, bila tidak maka akan menimbulkan komplikasi lanjutan seperti Diabetes yang akan menimbulkan bahaya pada penderita jantung koroner.

Minyak Jenuh dan Tak Jenuh

Penderita penyakit jantung koroner harus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, karena makanan tersebut akan menaikkan kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh

Hindarilah:

1- Roti isi daging

2- Sosis dan potongan lemak daging

3- Mentega

4- Lemak Babi

5- Krim

6- Keju

7- Kue dan Biskuit

8- Makanan yang mengandung minyak kelapa

Akan tetapi, makanan yang seimbang harus juga memperhatikan lemak tak jenuh, yang akan menaikan kolesterol baik (HDL) dan memberikan bantuan bagi tubuh dalam meluruhkan dan mencegah penyumbatan arteri (pembuluh darah).

Semoga artikel mengenai makanan sehat untuk penderita jantung koroner ini bisa menjadi referensi bagi anda, bila memuaskan.. mohon untuk di share, terimakasih..

Best regard, Obat Sakit Jantung dot com.

2 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *