Makanan Sehat Dan Tips Untuk Kesehatan Jantung

Makanan Sehat Dan Tips Untuk Kesehatan Jantung

Menjalani pola hidup sehat dapat membuat anda terhindar dari sebuah penyakit yang akan berisiko kematian akibat dari penyakit jantung. Salah satunya adalah dengan cara memulai mengkonsumsi makanan sehat untuk kesehatan jantung.

Yang pertama anda harus menjauhi makanan siap saji agar anda terhindar dari penyakit jantung. Makanan siap saji umumnya mengandung kadar garam yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan juga hipertensi.

Makanan sehat dan tips menjaga kesehatan jantung

Untuk Terhindari dari risiko penyakit jantung, anda perlu menjalani pola hidup sehat. Seperti olahraga teratur, tidak merokok, dan mengkonsumsi makanan sehat dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 82 persen.

A. Makanan Sehat

Untuk menyehatkan jantung dan membuatnya bekerja dengan kuat, senyawa fitonutrien yang terdapat pada sayur dan buah bisa bermanfaat. Senyawa ini membantu melindungi tumbuhan dari kuman, jamur, dan hama pengganggu.

Berikut beberapa makanan yang mengandung fitonutrien.

1. Kacang
Perbanyak makanan kacang seperti kacang merah hingga tiga cangkir seminggu. Kacang kacangan juga kaua akan kandungan serat dan air yang membuat anda cepat kenyang. Disamping itu kacang kacangan juga kaya akan antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebar kanker, penyakit parkinson, dan alzheimer.

2. Biji-bijian Utuh
Mengkonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai seumber utama karbohidrat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya.

3. Apel
Menurut satu penelitian, mengkonsumsi satu hingga dua apel perhari mungkin dapat mengurangi riskiko penyakit jantung. Penelitian tersebut menemukan bahwa apel efektif mengurangi kolestrol jahata dalam tubuh dna membantu mengatur gula darah.

4. Bawang
Bawang putih diketahui tidak mempengaruhi tekanan darah, sehingga dapat sering dikonsumsi. Bawang putih juga dapat menggantikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. Hal ini baik untuk kesehatan jantung karena makin banyak konsumsi garam, maka semakin tinggi risiko terkena tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

5. Anggur
Buah anggur diduga berpotensi mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ini karena buah anggur mengandung serat dan senyawa quercetin.

6. Kubis
Selain kaya akan fitonutrien yang dapat menyehatkan jantung, kubis juga mengandung vitami C, vitamin A, vitamin K, kalsium, potasium, dan zat besi.

7. Buah Beri
Ragam buah beri seperti bluberi, stroberi, rasberi, dan blckberry dapat dijadikan cemilan sehat. Buah beri yang kaya akan serat dan antioxidan diduga mampu mengurangi peluang terjadinya serangan jantung. Selain itu, rasa manis dalam buah beri tidak memicu diabetes.

8. Teh Hijau
Teh merupakan salah satu minuman favorit, terlebih karena manfaatnya. Ada sejumlah penelitian yang menemukan keterkaitanm antara meminum teh hijau dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Namun, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi teh hijau. Meminum lebih dari lima cangkir teh hijau tiap hari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit batu ginjal. Oleh karena itu, jika mengkonsumsi banyak teh hijau, perbanyak juga konsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi dan agar sistem kemih tetap lancar.

B. Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Selain harus mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran anda juga harus mengkonsumsi lebih banyak Makanan yang bergizi dan menjaga pola hidup sehari hari anda, itu dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

1. Mengkonsumsi Ikan
Konsumsilah makanan yang mengandung asam lemak omega-3 untuk membantu mencegah penyakit jantung. Ikan sebagai sumber makanan yang bergizi termasuk akaya akan asam lemak omega-3. Anda dapat memilih ikan sarden, tuna, atau salmon.

2. Mengkonsumsi Lebih Banyak Serat
Serat bisa didapatkan dari gandum, sereal, dan kentang yang dimakan dengan kulitnya.

Perlu diperhatikan juga bahwa konsumsi makanan berserat secara rutin harus dilakukan secara bertahap. Lebih baik jangan langsung menghabiskan banyak sayuran secara sekaligus karena justru dapat mengakibatkan konstipasi atau kram perut.

3. Mengurangi Konsumsi Lemak Jenuh
Lemak jenuh dan lemak trans berperan besar dalam pembentukan kolestrol yang berlebihan didalam darah. Kolestrol yang menumpuk berpotensi menyumbat pembuluh arteri jantung sehingga membahayakan aliran darah. Karena itu, batasi konsumsi lemak jenuh dari daging merah, makanan olahan, makanan yang digoreng, serta produk susu kaya lemak.

4. Mencukupi Waktu Tidur Sehari-hari
Orang dewasa yang memiliki waktu tidur cukup disamping tidur yang berkualitas memiliki kondisi arteri yang lebih baik dari pada orang yang kurang tidur. Jika kondisi arteri baik kesehatan jantung juga akan lebih baik.

5. Menjaga Tekanan Darah
Jagalah tekanan darah anda agar tidak terlalu tinggi. Tekana darah tinggi dapat merusak dinding arteri dan menimbulkan jaringan parut. Jika hal ini terjadi, darah dan oksigen akan lebih sulit mengalir dari dan menuju hati sehingga jantung harus bekerja lebih keras agar organ tubuh tidak kekurangan oksigen.

6. Menghindari Diabetes
Kondisi gula darah yang tinggi didalam tubuh juga berpotensi membuat anda berisiko terkena penyakit jantung. Sebab, ketika kadar gula darag sudah tinggi, hal ini dapat membuat keruskaan pada arteri. Karena itu, selalu periksa kadar gula darah, terutama jika anda telah berusia diatas 45 tahun, sedang hamil, dan mengalami kelebihan berat badan (Obesitas).

7. Menghentikan Kebiasaan Merokok
ini adalah hal terbaik yang dapat anda lakukan jika ingin terhindar dari penyakit jantung. Merokok menjadi satu dari berbagai penyebab utama penyakit jantung. Jika berhasil untuk berhenti merokok selama 1 tahun, risiko terkena penyakit jantung akan turun menjadi setengah dari risiko yang ada pada perokok aktif.

Dalam menjaga kesehatan jantung tentu saja anda tidak perlu menjalani dan mengkonsumsi buah buahan, sayuran, dan Makanan yang bergizi  secara bersamaaan. Tiga atau empat diantaranya yang dilaksanakan secara rutin sudah sangat membantu untuk membantu mengurangi risiko datangnya penyakit jantung. Tetapi menjaga pola hidup sehari hari itu harus anda lakukan setiap hari. Semoga Bermanfaat.

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *