Lakukan Aktivitas Ini Untuk Para Lansia Agar Tetap Sehat

Golongan kaum lansia adalah dimana saat-saat orang memasuki usia diatas 50, namun tetap memiliki aktivitas fisik. Namun, dikarenakan usia yang terus bertambah, kondisi ini mau tidak mau membuat fungsi organ tubuh menjadi semakin menurut. Karena itu, hidup terlalu santai juga tetap membuat risiko penyakit semakin meningkat.

Lakukan Aktivitas Ini Untuk Para Lansia Agar Tetap Sehat

Adapun aktivitas yang tepat bagi pada lansia, agar tetap sehat dan sesuai dengan kondisi tubuhnya, yaitu :

1. Berjalan kaki.

Salah satu aktivitas sehat para lansia dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki. Dengan berjalan kaki secara rutin, atau setidaknya 3-4 kali dalam seminggu akan bermanfaat dalam menjaga kesehatan otot, tulang, paru-paru dan jantung. Agar lansia tidak bosan berjalan-jalan, cobalah pilih tempat yang banyak pemandangannya, seperti taman kota, pantai, atau hanya sekedar berkeliling di pusat perbelanjaan.

2. Senam.

Yoga, Aerobik, dan Pilates bisa menjadi salah satu bentuk aktivitas yang tidak memberatkan untuk lansia. Selain itu, aktivitas ini membuat lansia tetap sehat dan menjadi salah satu media bersosialisasi bagi lansia lainnya.

3. Berenang.

Berenang ternyata cukup efektif bagi lansia dalam membentuk ketahanan fisik dan pernapasan. Tak hanya itu saja, berenang juga meringankan masalah nyeri lutut atau Osteoarthritis yang biasa terjadi pada usia lanjut.

4. Tetap beraktivitas walaupun dirumah.

Aktivitas rumahan yang bisa dikerjakan lansia bisa mulai dengan berkebun, beternak, mengepel dan menyapu. Walaupun memang terlihat santai, namun aktivitas rumahan seperti ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Semoga bermanfaat.

9 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *