Konsumsi Makanan Protein Untuk Mencegah Menopause Dini

Menopause merupakan sebuah tahapan (fase) penurunan secara fisiologis siklus menstruasi pada wanita yang tidak bisa dihindari. Fase alami yang akan dijumpai oleh semua kaum wanita ini disebabkan oleh perubahan pada kadar hormon tubuh. Mendekati usia akhir usia 30 tahun, kinerja ovarium akan menurun dan pada akhirnya berhenti memproduksi hormon reproduksi di kisaran usia 50 tahun.

Konsumsi Makanan Protein Untuk Mencegah Menopause Dini

Akan tetapi, ada kalanya Menopause datang terlalu dini yang berarti ketidaknyamanan seperti gangguan emosi, menurunnya libido, mudah lelah, hingga tulang keropos juga terjadi lebih cepat dari usia pada umumnya.

Berdasarkan penelitian pada ahli seperti yang dilansir dari laman thehealthsite, ada tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya Menopause dini bagi wanita. Salah satu caranya adalah dengan banyak konsumsi makanan seperti tahu, beras cokelat, juga oatmeal.

Dalam penelitian tersebut dikatakan “Sebuah penelitian di tahun 2016 mengindikasikan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak protein nabati atau sekitar 6,5% dari jumlah kalori harian mereka memiliki risiko 16% lebih rendah untuk terkena menopause dini dibandingkan dengan mereka yang hanya makan sedikit protein nabati,” tertulis demikian.

Walaupun masih perlu dikaji lebih jauh, namun penelitian menyimpulkan bahwa konsumsi Protein nabati memang memiliki manfaat dalam mencegah ketidakseimbangan hormon yang bisa mengakibatkan mulainya menopause dini.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *