Kenali Pemicu Depresi Pada Anak-anak

Depresi termasuk masalah kesehatan yang serius, dan siapapun bisa mengalaminya termasuk pada anak-anak.

Kondisi depresi yang terjadi pada anak-anak dimulai dengan tanda-tanda seperti malas berinteraksi, perasaan sedih, malas untuk beraktivitas, mengalami gangguan tidur, kehilangan nafsu makan, hingga memiliki pemikiran untuk bunuh diri.

Dilihat dari segi manapun, akibat dari depresi pada anak nantinya akan mempengaruhi aktivitasnya dan juga perkembangan pada psikologis anak.

Kenali Pemicu Depresi Pada Anak-anak

Kenali Pemicu Depresi Pada Anak-anak

Dengan mengetahui apa saja pemicu depresi pada anak, mungkin Anda sebgaai orangtua/kerabat dan orang terdekat akan bisa membantu dalam mengatasi depresi sebelum menjadi lebih berbahaya. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab depresi anak.

1. Faktor genetik.

Jika salah satu dari kedua orang tua memiliki depresi, maka sekitar 40% akan ada kemungkinan anak juga rentan mengalami depresi. Semakin muda usia orang tua saat mengalami depresi, semakin berat depresi yang dialaminya, risiko anak mengalami depresi juga semakin besar.

2. Masalah medis.

Seorang anak yang memiliki masalah medis yaitu epilepsi atau riwayat cedera di kepala juga ternyata memiliki risiko yang lebih besar untuk memicu depresi. Selain itu, anak dengan penyakit kronis seperti Diabetes, Asma berat, atau penyakit ginjal kronis juga lebih rentan mengalami depresi.

3. Faktor lingkungan.

Faktor lingkungan cukup berperan dalam mencetuskan depresi pada anak. Bencana alam, kemiskinan, masalah keluarga, pola asuh yang salah, kehilangan orang tua, masalah di sekolah atau lingkungan bermain juga dapat memicu depresi pada anak.

4. Masalah neuropsikiatri.

Anak dengan kelainan psikologis misalnya seperti hiperaktif, autis, gangguan belajar, gangguan cemas dan gangguan obsesif kompulsif lebih sering mengalami depresi dibandingkan anak tanpa masalah psikologis tersebut.

5. Alkohol dan narkoba.

Selain keempatfaktor di atas, remaja yang mengonsumsi alkohol dan menggunakan obat-obatan terlarang juga lebih mudah mengalami depresi karena penggunaan narkoba dan alkohol yang bersifat adiktif tersebut.

Ada cukup banyak pemicu depresi pada anak. Maka dari itu, terutama para orangtua yang melihat kemungkinan tersebut, segera bawa anak ke ahli psikiatri anak untuk mendapatkan terapi dan penanganan yang sesuai.

Semoga bermanfaat, salam!

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *