Kebiasaan Buruk Yang Bisa Menyebabkan Kebutaan

Mata adalah salah satu organ penting manusia yang memiliki beberapa kegunaan sebagai alat indera, Fungsi Mata secara umum adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.

Mata memiliki peran penting dalam keberadaan sehari-hari kita. Mata menerima cahaya dari dunia luar, dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang diangkut ke otak dan dirasakan sebagai sebuah gambar.

Bila mata ini mengalami gangguan maka ia tidak bisa melakukan fungsinya secara normal dan hal itu bisa membuat Anda tidak nyaman dan terganggu mengingat betapa penting peran mata bagi kehidupan.

Mata juga tidak luput dari serangan penyakit, ada banyak masalah yang bisa terjadi pada mata seperti katarak, mata minus, presbiopi, rabun jauh dan dekat, bahkan kebutaan.

kebiasaan buruk yang sebabkan kebutaan
Tahukah Anda ada kebiasaan manusia yang ternyata memiliki efek buruk bagi penglihatan. Nah, salah satunya adalah kebutaan sementara yang diakibatkan oleh kebiasaan yang dilakukan terus menerus oleh seseorang.

Salah satu kebiasaan buruk banyak orang ialah selalu memainkan ponselnya sambil berbaring dalam keadaan gelap. Secara umum orang-orang selalu menyukai memainkan ponselnya  sambil berbaring. Padahal bila Anda tahu kebiasaan tersebut adalah kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kebutaan atau rusaknya penglihatan Anda.

Berbaring miring ke satu sisi dan melihat atau bermain ponsel dapat menyebabkan satu mata terfokus pada layar. Sedangkan mata lainnya terblokir sebagian atau seluruhnya. Ini akan mengakibatkan kerusakan mata yang tidak seimbang antara mata kanan dan kiri.Dengan demikian, satu mata akan bersusah payah untuk menyesuaikan dengan cahaya dan yang lainnya dengan kegelapan. Hal ini juga yang bisa memicu banyak orang yang mengalami mata minus.

Anda juga sebaiknya jangan menggunakan wallpaper dengan warna biru ataupun corak biru. Sebab menurut penelitian cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel di malam hari, khususnya ketika dalam keadaan gelap akan lebih merusak mata ketimbang yang lainnya.

Sinar buru dari ponsel juga tidak hanya menyebabkan kebutaan saja tapi juga bisa meningkatkan beberapa jenis penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, jantung dan obesitas. Hal tersebut telah dikonformasi oleh sebuah penelitian bahwa ada hubungan yang jelas antara keduanya.

Tidak hanya bermain ponsel, jika Anda membaca buku ataupun majalah dengan keadaan berbaring, hal tersebut juga bisa membuat masalah pada kesehatan mata Anda. Duduk di depan komputer dengan waktu yang lama juga bisa mengakibatkan masalah pada mata.

Oleh sebab itu kebiasaan buruk tersebut haruslah Anda hilangkan sebelum kebutaan menghampiri Anda. Jika Sudah seperti itu Anda harus melakukan pengobatan untuk pemulihannya. Lebih baik mencegah dari pada mengobati pepatah tersebut memang benar adanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *