Kandungan Dan Manfaat Madu Hutan Untuk Kesehatan Tubuh

Madu Hutan Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak suka dengan madu, cairan manis seperti gula ini sangat enak dinikmati. Selain itu madu juga memiliki beberapa manfaat lainnya seperti bisa dijadikan sebagai obat, bahan kecantikan, dan berbagai macam olahan yang bisa dikonsumsi. Madu mengandung glukosa (dekstrosa) dan fruktosa (levulosa) dalam jumlah yang tinggi. Menurut Winaro (1982), kadar dekstrosa dan levulosa yang tinggi mudah diserap oleh usus bersama zat-zat organic lainnya, sehingga dapat bertindak sebagai stimulant bagi pencernaan dan memperbaiki nafsu makan. Madu juga memiliki sifat antimolroba.

madu hutan
Madu yang dihasilkan dari lebah dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Sudah sejak lama madu disebut sebagai obat untuk segala macam penyakit. Madu hutan merupakan madu alami madu yang dihasilkan dari lebah yang mendapatkan makanan dari bahan alam.

Kualitas madu yang dibudidayakan oleh amnusia dengan madu yang liar yang ada dihutan jauh berbeda kuantitasnya. Madu murni asli dari hutan lebih banyak memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

Madu yang dihasilkan oleh lebah liar ini mengandung karbohidrat, protein, asam amino, vitamin, enzim dan mineral. Madu hutan juga mengandung antioksidan, flavonoid, alkaloid dan juga vitamin C. Semua kandungan itulah yang memiliki khasoat dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Manfaat madu hutan bagi kesehatan diantaranya:

Dapat memperbaiki sistem pencernaan
Madu hutan dapat menyerap elektolit dan air sehingga bisa memperbaiki sistem pencernaan Anda yang bermasalah. Madu juga bisa menghambat pertumbuhan E-coli yang dapat mengakibatkan diare.

Meningkatkan penyerapan kalsium
Didalam kandungan madu terdapat asam glukonat, vitamin C, asam organic, asam fenolik, enzim dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal serangan radikal bebas. Jadi sangat berkhasiat untuk meningkatkan penyerapan kalsium.

Mempercepat penyembuhan luka
Apabila Anda mengoleskan madu hutan ini pada luka yang terbuka, maka luka Anda akan cepat sembuh karena madu hutan memiliki sifat higroskopis yang dapat menyerap kadar air.

Madu hutan bermanfaat untuk menguatkan janin yang ada di dalam rahim.
Madu hutan ini dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan asupan gizi pada ibu hamil. Madu hutan ini juga dapat menguatkan janin sehingga akan mencegah terjadinya keguguran. Selain menjaga ibu hamil madu hutan ini juga bagus untuk perkembangan otak dan pertumbuhan bayi yang ada di dalam kandungan.

Manfaat madu untuk anak-anak
Madu hutan ini juga bagus dikonsumsi oleh anak-anak karena dapat membantu nafsu makan anak meningkat, sebab madu memiliki kandungan vitamin B yang lengkap sehingga anak akan tumbuh sehat, riang dan tahan dari penyakit.

Meningkatkan gizi dan energi lansia
Dengan mengkonsumsi madu hutan, orang yang sudah lanjut usia dapat meningkatkan gizi dan energi yang mudah diserap oleh tubuh. Hal ini disebabkan karena madu hutan merupakan salah satu bahan alami yang dapat meningkatkan gizi dan energi yang diperlukan oleh tubuh manusia.
Dimana pada usia lansia organ pencernaan sudah mulai berkurang fungsinya.

Selain itu madu juga memiliki manfaat sebagai bahan alami yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh dan menguatkan sel darah putih yang ada di dalam tubuh. Jadi jangan segan untuk mengkonsumsi madu hutan ini. Selain memiliki rasa yang enak madu hutan juga kaya akan manfaat.

1 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *