Jenis Makanan Sehat Untuk Kesehatan Otak Tetap Terjaga

Fungsi dari organ tubuh akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia kita. Termasuk salah satunya adalah otak. Kinerja dari otak sangat besar pengaruhnya pada setiap hal yang kita pikirkan dan lakukan. Maka dari itu, kesehatan otak sama pentingnya dengan kesehatan organ tubuh lain dan harus kita perhatikan, jaga fungsinya agar tetap berjalan dengan semestinya.

Jenis Makanan Sehat Untuk Kesehatan Otak Tetap Terjaga

Untuk menjaga kesehatan otak cukup mudah. Seperti yang dilansir dari laman klikdokter menyebut jika menjaga kesehatan otak bisa memulai dengan konsumsi makanan-makanan sehat berikut ini.

  • Kuning telur.

Kuning telur termasuk makanan dengan sumber Kolin yang melimpah, serta Vitamin B kompleks yang baik untuk meningkatkan kesehatan otak. Kolin dapat menjaga memori Anda dan memungkinkan sel otak berkomunikasi dengan lebih efektif. Dalam sebuah studi juga menunjukkan jika adanya peningkatan asupan kolin berkaitan dengan peningkatan fungsi kognitif, termasuk memori.

  • Blueberry.

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan jika Blueberry dapat menurunkan risiko dari Alzheimer hingga 53%. Blueberry kaya akan flavonoid, kandungan ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi otak dari stres. Buah ini juga turut memperkuat komunikasi sel otak.

  • Minyak zaitun.

Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 oleh Temple University , menemukan jika dengan mengonsumsi minyak zaitun extra virgin dapat melindungi ingatan, meningkatkan kemampuan belajar, serta mengurangi pembentukan dua penanda Alzheimer (amyloid-beta plaques dan neurofibrillary tangles). Walaupun mekanisme pastinya tidak jelas, Oleocanthal yang merupakan antioksidan yang ditemukan dalam minyak zaitun, dianggap mungkin saja berperan dalam mengatasi gangguan pada otak.

  • Kacang walnut.

Kacang walnut memiliki kandungan asam alfa-linolenat serta asam lemak omega-3 yang berbasis tanaman. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Nutritional Neuroscience, orang dewasa yang berusia 65-75 tahun dengan tingkat ALA (Alpha-lipoic acid) dan omega-3 berbasis tanaman yang tinggi dalam darahnya, tampil lebih baik dalam tes kecerdasan.

  • Ikan salmon.

Ikan salmon juga termasuk makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi karena baik untuk kesehatan otak. Ikan salmon memiliki kandungan yang kaya akan asam lemak omega-3, DHA dan EPA, dimana ketiganya adalah zat terbaik yang dibutuhkan oleh otak. Omega-3 membantu mengurangi peradangan dan stres di dalam otak yang mungkin berperan dalam perkembangan penyakit Alzheimer. Sementara itu, kandungan DHA pada salmon dapat membantu membatasi penyusutan otak yang terjadi karena penambahan usia seseorang.

Semoga artikel kami bermanfaat. Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *