Jenis Buah Yang Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi bisa diidap siapapun, mulai dari usia anak hingga dewasa. Hal ini terjadi akibat kebiasaan hidup terutama makan, yang tidak sehat. Makanan yang berkolesterol tinggi biasanya didapat dari junkfood, makanan berlemak seperti gorengan, seafood dll yang dikonsumsi terlalu sering. Akibatnya, kadar kolesterol naik.

Jenis Buah Yang Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol, merupakan senyawa lemak berlilin yang diproduksi tubuh tepatnya organ hati. Sebenarnya di dalam tubuh, terdapat 2 jenis kolesterol utama, yaitu low-density lipoprotein (LDL/kolesterol “jahat”) dan high-density lipoprotein (HDL/kolesterol “baik”). LDL adalah jenis kolesterol yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, diantaranya sumbatan di peredaran darah yang biasanya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan penyakit lain yang berkaitan dengan pembuluh darah. Sedangkan, HDL justru memiliki kontribusi untuk membantu organ hati mengeluarkan kelebihan LDL dari dalam tubuh.

Kolesterol dipengaruhi sejumlah faktor.

Fungsi dari kolesterol sebenarnya baik bagi tubuh, seperti untuk memproduksi beberapa hormon, Vitamin D, dan asam empedu. Walaupun kolesterol memiliki serangkaian manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi Anda harus tetap menjaga agar kadar kolesterol darah selalu dalam keadaan normal. Karena kadar kolesterol yang terlampau tinggi dapat menimbulkan beberapa penyakit yang berkaitan dengan sistem jantung dan peredaran darah. Ketika kadar kolesterol sudah telanjur tinggi, maka itu sudah merupakan alarm jika Anda harus segera menurunkannya.

Adapun beberapa faktor yang dapat memengaruhi kadar kolesterol tubuh Anda, yaitu berat badan berlebih, faktor usia, kurang berolahraga / aktivitas fisik, asupan makanan, hingga riwayat keluarga.

Menurunkan kolesterol tinggi dengan cara alami.

Selain mengatur asupan pola makan, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat salah satu cara alami yang dapat dilakukan yaitu dengan konsumsi buah-buahan berikut ini.

1. Apel.

Sebuah penelitian di The Florida State University menemukan bahwa pada wanita lanjut usia yang mengonsumsi apel setiap hari dalam 6 bulan mengalami penurunan hingga 23% kadar LDL dan peningkatan 4% kadar HDL di dalam darah.

Kandungan polifenol pada apel merupakan suatu antioksidan yang dapat menghambat proses oksidasi dari LDL. Dengan proses penghambatan ini, dapat menurunkan risiko pembentukan kolesterol di pembuluh darah dan penyempitan pembuluh darah.

2. Pisang.

Konsumsi pisang dipercaya dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Serat di dalam pisang dapat membantu menurunkan kadar LDL di dalam tubuh. Secara jelas, serat tersebut membuat penyerapan kolesterol menjadi lambat di dalam darah.

Selain itu, kandungan kalium di dalam pisang juga berkontribusi dalam menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi serat juga dapat membantu menurunkan berat badan yang pada akhirnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pula.

3. Stroberi.

Hasil penelitian menemukan bahwa stroberi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL di dalam darah. Selain itu, stroberi juga dipercaya dapat menurunkan kadar trigliserida yang merupakan komponen kolesterol darah pula. Kandungan serat dan phytosterol di dalam stroberi diketahui dapat memberikan efek pada kadar LDL.

4. Jus Jeruk.

Kebanyakan jeruk kaya akan kandungan sterol yang dipercaya dapat menurunkan kadar LDL. Kemudian, jus jeruk diketahui dapat meningkatkan kadar HDL di dalam darah. Sebuah penelitian menemukan peningkatan kadar HDL hingga 21% pada pria dan wanita yang mengonsumsi 750 ml jus jeruk setiap hari.

5. Anggur.

Mengonsumsi buah anggur dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida di dalam darah. Hal ini dipercaya terjadi karena kandungan pterostilbene yang dimiliki anggur. Pterostilbene memengaruhi enzim yang terlibat dalam proses pengaturan kadar lemak darah. (klikdokter).

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *