Ini Kemungkinan Si Kecil Selalu Bersin Dipagi Hari

Ini Kemungkinan Si Kecil Selalu Bersin Dipagi Hari

Berson berulang kali dipagi hari, sering kali mengganggu kenyamanan si kecil. Yuk, ketahui penyebab paling umum dari kondisi tersebut dan cara membantu si kecil mencegahnya.

Sering bersin bersin dipagi hari bisa menjadi salah satu tanda si kecil mengalami rhinitis alergi. Selain bersin dipagi hari, rhinitis alergi juga dapat disertai dengan hidung tersumbat, keluar ingus, dan mata terasa gatal. Keluhan ini akan terjadi secara langsung, terutama ketika terpapar oleh pemicunya.

Ini Kemungkinan Si Kecil Selalu Bersin Dipagi Hari

Penyebab Sering Bersin Saat Bangun Tidur

Tidak sedikit orang yang mengalami bersin bersin, hidung dan mata berair hanya pada saat bangun tidur dipagi hari. Dari sisi medis, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya :

1. Rhinitis Alergi

Rhinitis Alergi, yang juga disebut hay fever, adalah kondisi yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap alergen alias pemicu alergi. Biasanya, yang bisa menimbulkan alergi ini adalah terkena serbuk sari, jamur, bulu hewan, atau debu tungau.

Menurut Mark R. Neustrom, DO dari kansas City Allergy and Asthma Associates, 20 persen orang yang mengalami bersin saat bangun tidur di pagi hari disebabkan oleh alergi tungau. Karena bentuknya yang sangat kecil, anda mungkin tidak menyadari bahwa kasur dan bantal yang anda gunakan selama ini ternyata dihinggapi oleh tungau.

Ketika tungau masuk ke hidung, sel sel alergi yang ada di membran mukosa hidung akan melepaskan histamin. Nah, hal inilah yang menyebabkan bersin bersin dan hidung meler sebagai bentuk respon tubuh terhadap benda asing yang masuk.

2. Udara Kering

Kalau anda sering bersin saat bangun tidur, bisa jadi ini disebabkan oleh pangaruh AC atau suhu ruangan yang cenderung kering. Tanpa disadari, kedua hal tersebut dapat membuat lapisan didalam hidung menjadi kering.

Lapisan lendir didalam hidung berfungsi untuk menhaga kelembapan dan menangkap setiap benda asing yang masuk. Ketika hidung mnejadi kering, ini artinya lendir hidung tidak bisa menahan benda asing yang masuk. Akibatnya, alergen tersebut dapat masuk dengan mudah dan membuat hidung menjadi gatal hingga bersin bersin.

3. Sinusitis

Sinusitis dapat menjadi salah satu penyebab mengapa anda jadi bersin bersin dipagi hari. Ini karnea peradangan pada sinus dapat mengganggu lapisan hidung dan memicu lendir yang berlebihan. Jika anda merasakan sensasi menggelitik dihidung hingga sering bersin selama beberapa minggu, maka bisa jadi anda mengalami sinusitis kronis.

4. Rhinitis Vasomotor

Kalau anda tidak sedang sakit atau alergi, tapi masih sering bersin saat bangun tidur, bisa jadi anda memiliki rhinitis vasomotor. Rhinitis vasomotor atau rhinitis non alergi adalah peradangan pada selaput hidung akibat kondisi pembuluh darah di hidung yang sangat sensitif.

Biasanya hal ini terjadi saat anda mengalami perubahan suhu maupun sistem imun tubuh selama tidur. Walaupun menimbulkan gejala pilek dan bersin bersin yang tidak nyaman, kondisi ini umumnya tidak membahayakan.

Tips Mencegah Bersin Dipagi Hari

Sebenarnya, mencegah rhinitis alergi paling efektif dilakukan dengan menghindari alergen. Beberapa cara yang dapat bunda lakukan untuk mencegah bersin bersin dipagi hari, yaitu :

1. Jaga Kebersihan Rumah

Untuk mengurangi gejala alergi pada anak, kebersihan rumah perlu dijaga. Upayakan rutin membersihkan rumah, khususnya dikamar sikecil. Jangan lupa juga untuk mengganti seprai, sarung bantal, dan selimut setiap satu minggu sekali. Bunda juga perlu mengganti bantal si kecil setiap 2-3 tahun sekali. Hindari penggunaan karpet dan kapuk, serta jangan menumpuk barang dan bonek bulu didalam kamar.

2. Tutup Jendela Rumah

Udara sejuk dipagi hari memang bisa menjadi kenikmatan tersendiri bagi si kecil. Namun bila si kecil alergi, bunda justru perlu menutup jendela, terutama jika diluar rumah banyak pepohonan. Hal ini untuk mencegah serbuk sari masuk kedalam rumah dan memicu si kecil bersin dipagi hari.

3. Bersihkan AC Dan Kipas Angin

Debu dan kotoran yang menempel pada AC dan kipas angin dapat memicu reaksi alergi si kecil. Untuk itu, pastikan AC atau kipas angin yang digunakan selalu bersih ya.

4. Gunakan Humidifier

Bila memungkinkan, bunda juga bisa menggaunakan humidifier atau pelembap udara dirumah, khususnya ditempat yang sering didatangi anak, seperti ruang bermain dan kamar. Penggunaan alat ini bermanfaat untuk menjaga kualitas udara dan mencegah alergi anak menjadi semakin parah.

5. Rutin Mengganti Baju

Biasakan anak untuk segera mandi dan mengganti pakaian setelah beraktivitas diluar ya. Hal ini bermanfaat agar si kecil terhindar dari alergen yang mungkin menempel di pakaian.

Bunda dapat membantu mencegah si kecil mengalami bersin dipagi hari dengan cara cara di atas. Namun, segeralah periksakan si kecil ke dokter jika rhinitis sudah membuat kualitas tidurnya berkurang dan menggangu aktivitasnya. Terimakasih semoga bermanfaat.

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *