Ini dia Manfaat Gula Merah Dan Gula Putih Untuk Diabetes

Ini dia Manfaat Gula Merah Dan Gula Putih Untuk Diabetes

Gula merah sudah dikenal masyarakat indonesia sejak lama, baik sebagai pemanis alami ataupun bumbu masakan. Lebih dari itu, gula merah juga dianggap lebih baik dikonsumsi bagi penderita diabetes dari pada gula putih.

Mungkin tidak banyak yang mengetahui gula merah yang berasal dari nira pohon kelapa ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan, seperti zat besi, mineral, zinc, kalsium, kalium, polifenol, antioksidan, serta inulin. Tidak hanya itu, indeks glikemik (IG) gula merah juga lebih rendah dibandingkan dengan pemanis lainnya. Sehingga wajar bila gula merah kerap dikonsumsi penderita diabetes.

Ini dia Manfaat Gula Merah Dan Gula Putih Untuk Diabetes

Selain itu, manfaat gula merah untuk pengidap diabetes juga banyak. Dengan pemanis yang lebih alami tersebut, pengidap diabetes bahkan tidak perlu cemas lagi saat ingin mengonsumsi gula Berikut adalah gula merah yang dimaksud.

1. Menurunkan Glukosa

Manfaat gula merah yang pertama yakni mampu menurunkan kadar glukosa. Glukosa adalah kadar gula dalam darah yang sangat memicu penyakit diabetes. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk selalu mengontrol glukosa dalam tubuh. Jika kamu mengonsumsi gula merah, hal tersebut tak perlu dikhawatirkan lagi kandungan sukrosa yang dimiliki hanya sebesar 70-90% termasuk didalamnya adalah kandungan glukosa dan fruktosa masing masing sebesar 35% saja. Angka ini terbilang jauh lebih rendah dibandingkan gula putih.

2. Kaya Vitamin dan Mineral

Selanjutnya, manfaat gula merah juga mampu memberimu lebih banyak vitamin yang baik untuk pengidap diabetes. Hal ini disebabkan tidak adanya proses pemurnian dan sumbernya yang berasal dari pohon aren. Kalau gula putih tidak mengandung vitamin dan mineral apa pun, gula merah dapat memberimu vitamin B, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan sodium disetiap konsumsinya.

3. Menyeimbangkan Indeks Glikemik

Gula aren menawarkan indeks glikemik sebesar 35. Angka tersebut hampir dua kali lipat lebih rendah dibandingkan dengan gula putih yang indeks glikemiknya kira kira 60-65. Bagi pengidap diabetes, manfaat gula merah ini sangat berarti bagi kesehatan mereka. Sebab, makanan yang indeks glikemiknya tinggi akan berdampak lebih besar pada meningkatnya gula darah.

4. Memberi Pasokan Tenaga

Meskipun memiliki kalori yang tinggi, gula aren tetap dapat memberikan tenaga dan energi yang mencukupi. Dengan menambahkan gula merah pada makanan atau minumanmu, aktivitas sehari hari pun terasa lebih maksimal tanpa jaris khawatir akan diabetes yang kambuh

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat gula merah yang terakhir akan sangat memperngaruhi kesehatanmu. Ya, meningkatkan kekebalan tubuh siapa sangka, ternyata gula ini saray dengan antioksidan yang ampuh menangkal dampak negatif dari radikal bebas sekaligus mampu menjaga kekebalan tubuh pengidap diabetes.

Manfaat Gula Merah Memang Aman, Tapi Bukan Berarti Bebas

Gula merah aman dikonsumsi orang diabetes dengan tetap memperhatikan batasan. Walaupun angka IG gula merah dan gula putih berbeda, bukan berarti gula merah lantas dapat dikonsumsi dengan bebas. Ini karena kalori dan kandungan karbohidratnya hampir setara dengan gula putih, yaitu sekitar empat gram karbohidrat dan 15 kalori persendok teh. Terlebih lagi, kita harus telaah kembali manfaat gula merah yang beredar di pasaran karena bisa saja sudah di campur dengan gula tebu dan bahan lainnya yang bisa membuat indeks glikemiknya tinggi. Oleh karena itu, kuncinya adalah bila inggin menggunakan gula merah sebagai pemanis, konsumsilah dalam jumlah terbatas.

Jika anda penderita diabetes dan betul betul sedang ingin menyantap camilan manis, anda bisa memilih makanan alternatif yang sehat, seperti salad buah atau buah segar. Bila anda tetap ingin memakai gula, apapun jenis gulanya, perhatikan jumlah karbihidrat total dilabel produk. Dengan begitu, anda bisa menyesuaikan kembali rencana diet harian anda sesuai dengan jumlah perhitungan karbohidrat yang diperbolehkan.

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *