Ini Dia Buah Buahan Yang Bisa Membantu Turunkan Kolestrol

Ini Dia Buah Buahan Yang Bisa Membantu Turunkan Kolestrol

Jika tidak dikendalikan, kolestrol tinggi bisa memicu terjadinya stroke atau bahkan serangan jantung. Selain dengan berolahraga dan minum obat kolestrol, anda harus perhatikan apa saja yang anda makan. Mulailah mengurangi makanan tinggi lemak jenuh, seperti gorengan, dan perbanyak makan makanan sehat seperti buah dan sayur. Ya ada banyak buah yang bisa membantu menurunkan kolestrol. Yuk, berkenalan dengan berbagai macam buah penurun kolestrol dibawah ini.

Ini Dia Buah Buahan Yang Bisa Membantu Turunkan Kolestrol

Bagaimana Buah Bisa Menurunkan Kolestrol

Tingginya kadar kolestrol dalam darah lama kelamaan menyebabkan lemak menumpuk dan mengeras di dinding pembuluh darah. Pada akhirnya, plak lemak ini akan mempersempit pembuluh darah sehingga darah tidak bisa mengaliar dengan lancar. Penyempitan pembuluh darah inilah yang meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan atau stroke.

Buah buahan mengandung serat yang larut air. Serat larut air dapat mengikat asam empedu, sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolestrol dalam darah. Salah satu jenis serat larut yang terbukti dapat menurunkan kolestrol hingga 10% adalah pektin.

Selain serat, buah buahan juga mengandung senyawa senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar kolestrol baik HDL, yang membantu memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Daftar Buah Buahan Penurun Kolestrol

1. Apel

Apel terutama kulitnya, mengandung pektin serat larut air yang ampuh menurunkan kolestrol. Pektin bekerja menyerap kolestrol dan lemak jahat didalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Terlebih, serat apale memberikan rasa kenyang yang lama sehingga anda dapat menghindari ngidam makan makanan yang tidak sehat.

2. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal, yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serta, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolestrol dalam tubuh. Mengonsumsi 1 buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolestrol jahat (LDL).

Penelitian menunjukan selain memengaruhi kadar kolestrol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama bahkan hingga 3-5 jam setelah dikonsumsi dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

3. Pir

Pir termasuk buah yang tinggi serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian anda. Bahkan, nilai serat buah pir lebih tinggi dari pada apel. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin. Pektin mengikat kolestrol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolestrol jahat LDL dalam Tubuh bisa menurun.

4. Berries ( Strawberry, Blueberry, Cranberry )

Keluarga beri kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolestrol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolestrol jahat menurun dan tergantikan dengan kolestrol baik HDL.

Pada penelitian milik erlund et al dengan 72 subjek penelitian yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskuler menunjukan bahwa asupan 2 porsi buah berry perhari ( 1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik.

Pada penelitian basu et al dengan subjek 16 wanita, asupan rutin dari buah berry menurunkan kolestrol LDL dalam 4 minggu. Selain itu, buhan buahan kelompok berry ini juga tinggi akan polifenol antioksidan yang baik dalam tubuh.

5. Anggur

Sama dengan buah yang lainnya, anggur juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolestrol yang terserap di usus halus.

Penelitian menunjukan bahwa anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi, apalagi anggur merah. Antioksidan dapat membantu meningkatkan kolestrol HDL dan menurunkan kolestrol jahat LDL serta trigliserida dalam darah. Itu sebabnya anggur menjadi camilan yang sangat baik untuk orang orang yang memiliki ateroskleroris koroner. Antioksidan quercetin yang hadir dalam anggur juga dapat melawan peradangan didalam tubuh.

6. Pepaya

Pepaya merupakan buah penurun kolestol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E.

Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinyaa oksidasi koklestrol didalam pembuluh darah.

7. Jambu Biji

Jambu biji mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji pun dapat membantu menurunkan kolestrol dan tekanan darah, sementara menaikkan kadar kolesrol baik HDL yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan di malaysia selama 9 minggu menunjukan bahwa asupan buah jambu biji sebanyak 400 gram perhari meningkatkan total kolestrol HDL dalam darah dan kadar antioksidan didalam tubuh.

8. Jeruk

Jeruk kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolestrol yang terserap di usus halus. Buah penurun kolestrol berwarna oranye ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolestrol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker kanker payudara dan kanker usus. Manfaat Jeruk sebagai antikanker ini dilaporkan oleh sebuah penelitian pada tahun 2007 silam.

Jeruk juga merupakan buah yang tinggi kadar vitamin C. Vitamin C tidak hanya bekerja membantu mencegah penumpukan kadar kolestrol LDL, tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Yuk, mulai biasakan rajin makan buah setidaknya 2-3 porsi dalam sehari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Terimakasih semoga bermanfaat.

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *