Gejala Yang Terjadi Penyakit Jantung Pada Ibu Hamil

Gejala Yang Terjadi Penyakit Jantung Pada Ibu Hamil

Gejala Yang Terjadi Penyakit Jantung Pada Ibu Hamil

Ketika anda sedang hamil, tubuh anda akan mengalami banyak perubahan. Salah satunya adalah detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Detak jantung yang lebih cepat saat hamil sebenarnya normal dan tidak membahayakan. Namun, jangan juga anda remehkan, terutama jika detak jantung cepat ini membuat kondisi anda atau kehamilan semakin memburuk. Bisa jadi ini adalah gejala penyakit jantung saat hamil.

Kardiomiopati Atau Otot Jantung Melemah Bisa Dialami Oleh Ibu Hamil

Kardiomopati adalah penyakit pada otot jantung. Pada kondisi ini, otot jantung melemah sehingga tidak dapat bekerja dengan optima dalam memompa darah keseluruh tubuh. Disekitar masa persalinan, ibu hamil dapat mengalami hal ini. Kondisi yang dinamakan kardiomiopati peripartum atau penyakit jantung saat hamil ini jarang terjadi dan hingga saat ini belum diketahui pastinya.

Kardiomiopati bermacam macam jenisnya. Salah satunya adalah jenis kardiomiopati dilatasi. Artinya, otot otot jantung mengalami peregangan dan menipis. Hal ini mengakibatkan ruangan ruangan jantung menjadi melebar (mengalami dilatasi) dan keseluruhan jantung menjadi membesar. Kardiomiopati perpartum termasuk dalam jenis ini.

Kardiomiopati saat hamil (peripartum) dan jenis kardiomiopati lainnya dapat menyebabkan komplikasi berbahaya antara lain detak jantung tidak teratur, kelianan katup jantung, hingga gagal jantung.

Mengenal Kardiomiopati Peripartum, Penyakit Jantung Saat Hamil

Kardiomiopati peripartum adalah kelainan otot jantung yang jarang terjadi. Kondisi penyakit jantung saat hamil ini biasanya terjadi di pengujung masa kehamilan atau bisa juga terjadi pada lima bulan setelah melahirkan.

Sampai saat ini, belum ditemukan penyebab pasti dari kelianan otot jantung kardiomiopati peripartum. Namun, kondisi penyakit jantung saat hamil diyakini terjadi karena kinerja otot jantung yang lebih berat. Selama masa kehamilan, otot jantung akan memompa darah hingga 50 persen lebih banyak dibandingkan kerja jantujng pada umumnya ketika tidak hamil.

Hal ini disebabkan oleh tubuh yang mengalami beban tambahan ( Janin yang anda kandung ) yang harus mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi penting. Risiki terjadinya kelainan otot jantung saat hamil ini juga meningkat oleh karena berbagai faktor. Seperti yang dilansir dari Healthline, gejala kardiomiopati peripartum mirip dengan gejala gagal jantung. Apa saja gejala penyakit jantung saat sedang hamil ?

* Detak jantung cepat
* Sakit dada
* Kelelahan luar biasa
* Mudah lelah selama beraktivitas fisik
* Sesak napas
* Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki
* Buang air kecil meningkat di malam hari

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Detak Jantung Mengalami Cepat dan Berdebar ?

* Rutin ke dokter kandungan selama kehamilan untuk melakukan pemeriksaan antenatal
* Istirahat yang banyak dan hindari aktivitas fisik yang berat
* Pantau kenaikan berat badan saat hamil. Berat badan naik terlalu banyak saat hamil memberi beban atau tekanan tambahan pada jantung
* Kelola stres dengan baik
* Jangan merokok serta mengonsumsi alkohol, kafein, apalagi obat obatan terlarang
* Minum obat sesuai resep dokter, jika memang dianjurkan

Terimakasih semoga artikel kami bermanfaat.

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *