Faktor Penyebab Lemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun adalah suatu sistem pertahanan yang digunakan untuk melindungi tubuh dari infeksi penyakit atau kuman. Menjaga dan mempertahankan kekebalan tubuh sangatlah penting, agar kondisi fisik tubuh tetap stabil. Sistem kekebalan tubuh yang kuat membuat tubuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Faktor Penyebab Lemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Jika anda mudah sakit, itu tandanya sistem kekebalan tubuh anda lemah. Sistem kekebalan tubuh yang lemah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Berikut ini faktor penyebab lemahnya sistem kekebalan tubuh seseorang :

Kurang Tidur
Tubuh kita seharusnya mendapatkan waktu untuk berisitrahat dengan tidur yang cukup. Mengurangi jam tidur tentu memiliki efek buruk dan merugikan terhadap sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan tidur yang tidak cukup dapat menyebabkan menurunnya sistem imun tubuh dan mengikis jumlah sel yang bertugas menekan dan melawan kuman. Sebuah penelitian dari University of Chicago telah menemukan bahwa orang yang tidurnya hanya 4 jam dalam sehari akan menghasilkan antibodi sebanyak 50% saja dalam darahnya, dan jumlah ini sangat tidak cukup untu melawan penyakit sekalipun penyakit yang ringan.

Kurang Asupan Gizi
Kurangnya asupan gizi dapat berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, anda harus memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Pastikan makanan tersebut mengandung gizi yang seimbang serta bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu, sebaiknya anda juga kurangi konsumsi junk food dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Olahraga Berlebihan
Rutin berolahraga memang baik untuk tubuh. Namun jika berlebihan justru akan memberikan dampak yang tidak baik. Olahraga berlebihan bisa membakar lebih banyak oksigen dalam tubuh. Pembakaran yang berlebihan menghasilkan radika bebas yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan menurunkan jumlahnya.

Stress
Kondisi stress dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Ketika stress tubuh akan melepaskan hormon seperti neuro-endokrin, glukokortikoid, dan katekolamin yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Stress bahkan berdampak buruk terhadap produksi antibodi.

Penyalahgunaan Antibiotik
Antibiotik baik untuk tubuh karena bisa melawan penyakit. Akan tetapi penelitian terbaru menemukan fakta bahwa mengkonsumsi antibiotik secara berlebihan atau teratur bisa menurunkan tingkat kekebalan tubuh.

Jarang Beraktivitas Fisik
Aktivitas fisik yang terlalu pasif, seperti duduk sepanjang hari di depan komputer tidak baik untuk tubuh. Hal ini bisa memperlambat laju metabolisme yang menyebabkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi juga lebih lambat. Padahal nutrisi sangat dibutuhkan oleh sistem imun agar bisa bekerja lebih optimal. Karena itu, pastikan setiap jam anda bangkit untuk berdiri dari duduk, paling tidak selama 5 menit.

Kontaminasi Udara
Udara di sekitar bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukan udara yang terkontaminasi menekan kerja sel T yang merupakan komponen sistem imun paling penting. Menurut Frances Goulart, penulis buku Immunity Foods, memasang pemurni udara di rumah dapat membantu menjadikan udara terbebas dari mikroba penyebab penyakit, paling tidak di dalam ruangan.

Pada umumnya tingkat kekebalan tubuh sesoerang berbeda-beda. Bahkan dalam kondisi tertentu orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kuat pun bisa drop. Oleh karena itu, mulai sekarang sebaiknya anda menerapkan pola hidup sehat agar sistem kekebalan tubuh anda lebih kuat. Dengan sistem kekeban tubuh yang kuat, maka lebih kecil kemungkinan anda jatuh sakit.

Kata Kunci:

  • penyebab lemahnya kekebalan tubuh
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *