Efek Samping Temulawak Yang Jarang Diketahui

Anda pasti sudah tidak asing jika sering menemukan artikel tentang manfaat tanaman a, khasiat tanaman a bagi kesehatan. Ya, kita cenderung ingin lebih banyak mengetahui tentang manfaat-manfaat tanaman, rempah, sayur dan buah atau apapun yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kita.

Namun, tidak hanya mengetahui manfaatnya saja. Anda juga sebaiknya mencari tahu efek samping dibalik manfaat-manfaat baik yang kita ketahui.

Efek Samping Temulawak Yang Jarang Diketahui

Nah kali ini, saya akan berbagi informasi tentang efek samping dibalik Temulawak, sebagaimana kita ketahui Temulawak ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan. Jika belum mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa manfaat dari Temulawak.

  • Sebagai antikanker.
  • Menurunkan kolesterol darah.
  • Baik untuk menjaga kesehatan liver.
  • Menyembuhkan Hepatitis.
  • Mengatasi masalah pencernaan.
  • Meredakan asma dan sesak nafas.
  • Sangat baik untuk kesehatan ginjal.
  • Baik juga untuk penderita Diabetes.
  • Mengatasi rematik.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi, serta
  • Sehat bagi jantung.

Dan berikut, adalah Efek Samping Temulawak Yang Jarang Diketahui.

— Dapat memicu iritasi lambung.

Dikatakan Temulawak baik untuk mengatasi masalah pencernaan. Akan tetapi, jika konsumsi terlalu banyak justru berdampak sebaliknya yakni menimbulkan iritasi pada lambung.

— Memicu detak jantung lebih cepat.

Temulawak juga sangat baik untuk kesehatan jantung, namun tetap saja konsumsinya tidak boleh berlebihan. Konsumsi berlebihan malah malah membuat detak jantung bekerja lebih cepat, khususnya mereka yang menderita Hipertensi. Oleh karenanya, kalau Anda merasa gelisah atau berdebar-debar usai mengonsumsi Temulawak, segera hentikan atau mengurangi konsumsinya.

— Menyebabkan mual dan muntah.

Selain dapat mengiritasi lambung, Temulawak juga memberikan efek samping berupa mual atau bahkan muntah, terlebih jika Anda mengkonsumsinya terlalu banyak atau bahkan tidak terlalu menyukai rasanya.

— Memperparah kerusakan ginjal.

Jika jumlah Temulawak yang dikonsumsi terlalu banyak, maka ginjal akan kewalahan untuk mengatasinya. Jresidu Temulawak sampai tertahan sehingga mengendap di ginjal, dapat membuat penurunan fungsi serta kinerja Ginjal menurun. Ada baiknya, jika mengkonsumsi Temulawak, juga cukupi kebutuhan air minum untuk meringankan beban ginjal terhadap efek samping Temulawak.

— Memicu komplikasi

Jika Anda mengonsumsi Temulawak bersamaan dengan obat tertentu misalnya seperti pengencer darah, maka bisa jadi akan timbul komplikasi atau penyakit baru yang lebih kompleks sifatnya. Hal ini dikarenakan Temulawak bersifat mengikis lemak darah.

— Menyebabkan Obesitas.

Bukan rahasia lagi jika jamu yang memiliki kandungan Temulawak sering diandalkan sebagai penambah nafsu makan. Namun jika ini dilakukan secara terus menerus, seseorang yang tadinya terlalu kurus dapat mengalami masalah baru pada berat badannya, yaitu kelebihan berat badan atau Obesitas.

— Memperparah gangguan liver.

Jika sebelumnya Anda telah memiliki gangguan liver dan kantung empedu, sebaiknya segera hentikan penggunaan Temulawak. Karena apa? Serupa dengan kunyit, Temulawak meningkatkan produksi empedu sehingga memperparah kondisi yang sudah ada.

Info tambahan : Jika Anda ingin mengolah Temulawak dengan merebusnya, boleh saja sesekali, asal tidak berlebihan. Sebaiknya hindari merebus Temulawak dengan menggunakan panci berbahan aluminium. Hal ini terkait zat dalam Temulawak yang dapat berubah menjadi racun jika dipanaskan bersama dengan bahan tersebut.

Semoga bermanfaat, salam!

Kata Kunci:

  • efek samping temulawak terhadap ginjal
    9 Shares
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *