Cara Mudah Untuk Berhenti Dari Kebiasaan Merokok

Seperti yang kita ketahui jika berhenti merokok bagi mereka yang sudah terbiasa memang cukup sulit. Padahal, mereka juga sudah mengetahui bagaimana buruknya dampak pada kesehatan akibat kebiasaan tersebut.

Hal ini dikarenakan di dalam kandungan rokok terdapat zat yang disebut Nikotin. Zat ini pada akhirnya membuat banyak perokok merasa kesulitan untuk bisa benar-benar berhenti dari merokok.

Cara Mudah Untuk Berhenti Dari Kebiasaan Merokok

Tidak cukup hanya dengan niat saja, beberapa tips dibawah ini bisa jadi Cara Mudah Untuk Berhenti Dari Kebiasaan Merokok. Diantaranya :

1. Minum melalui sedotan.

Salah satu cara untuk mengganti aktivitas mulut dari menghisap rokok yaitu dengan minum air dingin melalui sedotan. Cara ini akan membantu otak melepaskan dopamin, yakni zat kimia otak yang dapat mengusir suasana hati yang buruk. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa makan-makanan ringan untuk mengganti keinginan merokok. Tentu saja dengan memilih makanan yang sehat untuk menghindari kegemukan dan risiko penyakit lainnya.

2. Mencatat perubahan positif yang terjadi.

Saat Anda berhenti dari merokok, catat ulang perubahan positif yang terjadi selama beberapa hari Anda berhenti dari merokok seperti penghematan uang, badan yang lebih segar, dan banyak hal lainnya. Dengan begitu, kondisi ini akan membantu Anda tetap semangat untuk terus mencoba berhenti merokok.

3. Sering menggosok gigi.

Salah satu perubahan yang terjadi setelah Anda berhenti merokok yaitu mulut Anda terasa lebih segar dan terbebas dari napas mulut yang bau rokok. Dengan lebih sering menyikat gigi, Anda akan memiliki napas yang segar, sehingga sayang untuk mengotorinya dengan rokok.

4. Hindari alkohol.

Minum alkohol termasuk salah satu pelarian yang paling umum bagi para perokok yang sedang mencoba untuk berhenti. Sebaiknya Anda juga menghindari alkohol karena alkohol dapat merusak pertahanan diri Anda untuk berhenti merokok.

5. Pergi ke tempat yang bebas rokok.

Saat keinginan untuk merokok kemudian muncul, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang bebas rokok untuk mengalihkan keinginan tersebut. Atau, pergilah bersama teman-teman Anda yang tidak merokok agar Anda tidak tergoda untuk kembali merokok.

6. Berolahraga.

Olahraga termasuk salah satu cara yang efektif untuk mengalihkan keinginan untuk merokok. Hal ini dikarenakan badan Anda yang aktif, maka badan akan mengedarkan zat kimiawi yang membuat mood Anda membaik dan mengurangi stres. Sebaiknya pilih jenis olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang. Lakukan olahraga dengan rutin, khususnya di satu bulan pertama Anda berhenti merokok.

7. Ingat alasan Anda berhenti merokok.

Dengan berhenti dari kebiasaan merokok meamng tidak akan mudah pada hari-hari pertama Anda. Godaan untuk kembali merokok pasti akan selalu saja ada. Karena itu yang Anda butuhkan adalah semangat yang lebih kuat dari godaan-godaan tersebut. Ingat kembali alasan Anda untuk berhenti merokok.

Itu dia kiat-kiat dan cara sederhana bagi Anda yang ingin lepas dari kebiasaan merokok. Semoga bermanfaat, dan sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *