5 Cara Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung

5 Cara Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung – Serangan jantung dan hipertensi adalah salah satu penyebab kematian nomor wahid dengan angka yang fantastis, dan orang banyak yang mendengar kedua penyakit tersebut adalah sebab musabab dari kematian mendadak (sudden death).

Cara Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung
Komplikasi akibat hipertensi

Sebegitu berbahayanya dua penyakit ini yang membuat kami berupaya menyajikan informasi 5 Cara Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung.

Apa yang berbahaya dari serangan jantung adalah rusaknya sela dan bagian-bagian dari jantung, perlu diketahui bahwasanya di saat serangan jantung berlangsung, aliran darah mendadak berhenti sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dan sesak nafas, pada saat krusial demikian, pertolongan pertama dengan minum obat sakit jantung dan bantuan paramedis penting sekali.

Cara Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung
segeralah meminta bantuan orang sekitar

Sedangkan Hipertensi ini oleh para dokter di juluki sebagai “silent and deadly killer” karena sifatnya yang tidak di rasakan oleh pengidap hipertensi. Hipertensi ini adalah kondisi blood pressure (tekanan darah) yang meningkat secara kronis. Para dokter menyarankan setiap orang untuk memeriksakan tekanan darah mereka sekali di setiap 5 tahun.

5 Cara Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung

Inilah 5 cara mudah bagi anda dalam mencegah hipertensi dan serangan jantung, yang kami rangkum langsung dari ahlinya.

Baca Juga Artikel:

klik => Obat Jantung Bengkak

  1. Mengendalikan Penuh Berat Badan

Bermacam problem kesehatan berasal dari tubuh yang overweight (obesitas / kegemukan), penyakit diabetes siap menerkam seseorang yang memiliki berat badan yang berlebihan.

Cara Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung
Jangan sampai anda menjadi gemuk

Penting bagi manusia mengendalikan asupan makananya sehingga berat badan bisa dikendalikan dengan baik, dengan demikian.. tekanan darah (blood pressure) pun bisa diawasi.

Berat badan memainkan peranan penting untuk mencegah hipertensi dan serangan jantung.

 

  1. Batasi Konsumsi Garam

Faktor utama yang menjadi sebab musabab terserang darah tinggi (hipertensi) yaitu garam. Kendalikan diri anda terhadapan masakan atau makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi seperti ikan asin, sambal terasi, sea food, nasi goreng, dan yang semisalnya.

Cara Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung
Maksimal 3 sendokteh garam/hari

Maksimal, seorang manusia hanya boleh (baiknya) mengonsumsi 3 sendokteh garam dalam sehari. Target tekanan darah (blood pressure) yang harus di capai adalah 2 hingga 8 mmHg. Bila anda tidak bisa berlepas dari ketergantungan terhadap garam, baiknya dikonsultasikan kepada psikologi demi mendapatkan solusi yang baik dalam mengendalikan diri.

 

  1. Dietary Approaches to Stop Hypertension

Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) adalah diet yang memfokuskan pada konsumsi susu rendah lemak, sayuran dan buah, biji-bijian, mengurangi garam, lemak trans, sodium, juga daging merah.

Cara Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung

Bila DASH bisa diterapkan pada kehidupan atau life style anda, tekanan darah 8 hingga 14 mmHg bisa dicapai dengan sukses.

 

  1. Hentikan Asupan Alkohol Sekarang Juga

Asupan alkohol bisa meningkatkan blood pressure (tekanan darah) sehingga hipertensi.

Seorang alcoholic (peminum berat) sangat berisiko untuk terserang gagal jantung dan darah tinggi, apalagi telah diteliti bahwasanya alcoholic biasanya memiliki blood pressure hingga 4 mmHg dibandingkan non-alcoholic.

Cara Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung
Hentikan sekarang juga!

Hentikan Asupan Alkohol Sekarang Juga! Toh.. nasihat ini demi nyawa anda juga bukan? Bila saat ini anda masih bersikeras karena tidak ada hal yang memberatkan tubuh, perlu anda ketahui.. serangan jantung dan tekanan darah tinggi yang bisa memicu stroke datang nya secara tiba-tiba tanpa permisi terlebih dahulu, mau?

 

  1. Disiplin dan Rutin Berolahraga

Poin kelima ini mungkin sudah jenuh anda dengar, namun ada baiknya anda memperhatikan poin ini.

Disiplin dan Rutin Berolahraga dengan teratur seperti bersepeda, berenang ringan, cardio, sepakbola ringan, dan olahraga ringan lain yang dilakukan minimal selama 30 menit dalam sehari akan membuat anda mencapai target blood pressure (tekanan darah) 4 hingga 9 mmHg.

Cara Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung
Cukup 30 menit/hari

Sehat itu asyik.. kita bisa bebas makan apapun tanpa ada larangan, namun bukan berarti kita bebas memasukan apapun ke perut, 5 Cara Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung yang telah dipaparkan baru saja hendaknya diperhatikan dan dijalani.

Semua hal diatas tidak akan berguna dengan baik bila kita masih dengan sembrono dalam menjalani hidup, karena yang menjadi factor besar serangan jantung dan hipertensi adalah life style juga lingkungan.

Cara Mencegah Hipertensi dan Serangan Jantung
Alhamdulillah, Hidup ini indah

Good food, Good heart!

Good Heart, Good Blood!

Good Blood, Life longer..

😉

6 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *