Cara Menambah Nafsu Makan Untuk Menaikkan Berat Badan Anda

Cara Menambah Nafsu Makan Untuk Menaikkan Berat Badan Anda

Kehilangan nafsu makan bisa berdampak serius bagi kesehatan, terutama jika anda mengalami kekurangan berat badan. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menambah nafsu makan dengan mulai memilih asupan makanan dan mengatur pola makan sehari hari.

Kehilangan nafsu makan bisa disebabkan oleh berbagai faktof, misalnya cemas, depresi, atau efek samping penggunaan obat tertentu. Jika anda terus menerus kehilangan nafsu makan, hingga berat bada selalu kurang dari ideal dan tak kunjung naik, kepercayaan diri anda dapat menurun serta risiko gangguan kesehatan akan meningkat.

Cara Menambah Nafsu Makan Untuk Menaikkan Berat Badan Anda

Perhatikan Pola Makan Sehari Hari

Salah satau cara untuk menambah nafsu makan dan meningkatkan berat badan adalah memperhatikan pola makan sehari hari. Dibawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengatur pola makan sehari hari :

1. Jangan Pernah Tinggalkan Sarapan

Sarapan dengan menu yang sehat bisa membantu meningkatkan nafsu makan dan berat badan. Sarapan bisa memicu efek termogenesis didalam tubuh, sehingga anda bisa membakar lebih banyak kalori dalam sehari. Semakin banyak kalori yang terbakar, semakin besar pula nafsu makan anda.

2. Siapkan Makanan Kesukaan

Nafsu makan akan lebih mudah timbul jika ada makanan yang anda sukai. Untuk itu, selalu siapkan makanan kesukaan anda sehingga tidak ada alasan untuk menunda atau melewatkan waktu makan.

3. Makan Porsi Kecil Dengan Lebih Sering

Makan tiga kali sehari dengan porsi besar, sering kali membuat nafsu makan anda berkurang. Pada kondisi ini, anda merasa perut menjadi cepat penuh dan nafsu makan menurun. Untuk menambah nafsu makan, cobalah untuk sering makan, misalnya 4-6 kali sehari, tetapi dalam porsi yang sedikit.

4. Memilih Camilan Yang Sehat

Camilan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan nafsu makan. Pilih camilan sehat yang mengandung karbohidrat dan lemak yang sehat, seperti pisang, avokad, dan kacang kacangan. Tempatkan camilan sehat ini didalam mangkuk kecil yang mudah dijangkau agar anda terdorong untuk makan camilan.

5. Hindari Terlalu Banyak Serat

Dalam memproses makanan yang kaya serat seperti sayuran, buah, atau gandum, tubuh membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan ketika mencerna makanan lain. Ketika mengonsumsi makanan berserat, anda akan merasa kenyang lebih lama, sehingga cenderung tidak ingin makan lagi.

Hal – Hal Pendukung Yang Dapat Menambah Nafsu Makan

Selain beberapa hal diatas, anda bisa menambah nafsu makan dengan memperhatikan hal pendukung selain makanan yang dikonsumsi :

1. Ciptakan Suasana Yang Menyenangkan

Ciptakan suasana menyenangkan, misalnya makan sambil mendengarkan musik, menonton acara kesukaan di TV, menyalakan lilin aromaterapi diatas meja, atau mengobrol dengan teman. Yang penting, hindari topik pembicaraan yang justru akan membuat stres. Sebab, ada kemungkinan turunnya nafsu makan anda disebabkan oleh stres atau cemas karena adanya masalah.

2. Jangan Lupa Penuhi Kebutuhan Cairan

Minumlah segelas air putih satu jam sebelum dan sesudah makan untuk membantu pencernan dan mencegah perut terlalu kenyang. Hindari minum terlalu banyak air sebelum makan karena efeknya akan memberikan rasa kenyang yang palsu dan menurunkan nafsu makan. Kebutuhan cairan juga dapat dipenuhi dengan minum susu atau teh untuk merangsang nafsu makan.

3. Lakukan Aktivitas Olahraga Ringan

Olahraga akan merangsang nafsu makan anda. Pada saat berolahraga, kalori yang terdapat di dalam tubuh akan terbakar. Setelah olahraga, tubuh memerlukan energi lagi, sehingga anda akan merasa lapar.

Ubahlah gaya hidup dan pola makan anda seperti diatas untuk menambah nafsu makan, sehingga anda dapat mencapai berat badan ideal. Jika perlu, konsultasi kepada dokter untuk mengetahui cara menambah nafsu makan yang sesuai dengan kondisi anda.

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *