Cara Membersihkan Usus Dengan Bahan Alami

Masalah pencernaan dapat dialami oleh siapapun, dan tidak mengenal musim. Salah satu dari sekian banyaknya penyebab dari gangguan pencernaan adalah akibat konsumsi fast food / junk food yang minim gizi dan serat, bahkan kaya akan bahan kimia (aditif). Oleh sebab itu, diperlukan cara alami dalam membersihkan usus, tanpa melibatkan obat-obatan kimia berbahaya.

Usus merupakan bagian penting dalam pembangun sistem kekebalan tubuh yang kuat. Sekitar 70-80% dari jaringan sistem kekebalan tubuh berada dalam sistem pencernaan. Itulah sebabnya, penting untuk tetap memastikan bahwa usus selalu sehat dan berfungsi membantu meningkatkan energi juga kemampuan tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

Tanda-tanda pencernaan sedang tidak baik ditandai juga dengan buang air besar yang tidak lancar, feses tidak teratur keluar setiap harinya, bahkan ada yang mengeluhkan susah dikeluarkan karena feses keras. Padahal kondisi seperti ini jika dibiarkan terus-menerus berpotensi menyebabkan penyumbatan usus hingga penyakit keganasan seperti kanker usus besar.

Cara Membersihkan Usus Dengan Bahan Alami

Darisanalah tujuan membersihkan usus. Namun tidak perlu khawatir karena hal tersebut terhitung cukup mudah untuk dilakukan tanpa memerlukan biaya yang mahal. Berikut adalah Cara Membersihkan Usus Dengan Bahan Alami.

1. Air.

Usus besar harus tetap terhidrasi agar tetap sehat dan berfungsi baik. Kurangnya air tidak hanya menyebabkan konstipasi namun juga timbunan zat beracun di dalam tubuh. Oleh sebab itu, sangat penting untuk kita untuk cukup minum setiap harinya. Minumlah setidaknya 8 gelas perhari untuk orang dewasa atau setara dengan 2 liter air putih.

2. Lemon.

Kandungan Antioksidan maupun Cvitamn C di dalam Lemon baik untuk sistem pencernaan. Anda tinggal mencampurkan perasan 1 butir lemon dengan sedikit garam dan madu dalam gelas berisi air hangat. Minumlah saat perut masih kosong di pagi hari. Larutan ini tak hanya menyehatkan pergerakan usus namun juga sebagai menambah energi. Anda juga dapat menambahkan 2 sdm perasan lemon segar ke dalam 1 gelas jus apel, konsumsilah 3-4x sehari.

3. Apel dan cuka apel.

Hampir semua produk apel dari mulai saus, jus, atau cuka mengandung agen pembersih yang baik untuk saluran pencernaan. Tidak hanya kaya serat, apel juga sarat pektin, komponen karbohidrat yang berperan sebagai pengental dalam lambung. Saat dikonsumsi dalam dosis yang tepat, pektin akan membantu mengeluarkan toksin dan logam berbahaya dari usus besar, sekaligus menguatkan dinding usus.

Anda bisa memulai hari dengan 1 gelas jus apel ( yang tidak disaring). Setelah 30 menit, minumlah 1 gelas air. Ulangi beberapa kali dalam sehari, selama 3 hari berturut-turut. Saat mempraktikkan cara tersebut, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan padat.

4. Makanan yang memiliki kandungan klorofil.

Sayuran hijau serta buah-buahan kaya akan klorofil di klaim dapat menyehatkan sistem pencernaan sekaligus membersihkan usus besar dan liver. Jenis-jenis makanan yang masuk kategori tersebut diantaranya bayam, asparagus, kubis, seledri, atau kacang polong dalam menu sehari-hari.

5. Alpukat.

Anda dapat membersihkan usus setiap hari dengan mengonsumsi Alpukat. Sama seperti apel, Alpukat kaya akan unsur serat baik jenis larut maupun tak larutnya.

6. Flax dan Chia seed.

Keduanya merupakan bahan alami yang kaya lemak, juga serat yang baik untuk pencernaan. Bukan hanya itu, kedua biji-bijian tersebut juga dipadati asam lemak omega-3 yang dapat menstabilkan sel dinding serta mengurangi peradangan.

7. Lidah buaya.

Di samping dapat membersihkan kulit dari berbagai jerawat serta infeksi, lidah buaya juga memiliki sifat laksatif sehingga dapat membersihkan usus besar. Anda hanya tinggal menambahkan perasan 1 butir lemon ke dalam gel lidah buaya, lalu blender hingga menghasilkan jus. Agar lebih nikmat, diamkan jus dalam kulkas selama 2-3 jam sebelum mengonsumsinya.

8. Jus sayur mentah.

Cara membersihkan usus lainnya adalah dengan mengonsumsi jus sayur beberapa kali sehari. Sesuai saran, pilihlah sayuran berdaun hijau yang sarat klorofil. Kalau bosan dengan jus sayur, tak ada salahnya sesekali Anda menyelinginya dengan teh herbal.

9. Jahe.

Tidak hanya dapat meredakan mual dan kembung, Jahe juga dapat merangsang fungsi usus besar sehingga jauh dari toksin berbahaya. Anda disarankan untuk mengonsumsi Jahe dalam berbagai bentuk seperti jus, parutan, potongan kecil-kecil, atau menambahkannya dalam teh herbal.

Semoga bermanfaat.

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *