Cara Membedakan Nyeri Dada Biasa Dan Ciri Penyakit Jantung

Cara Membedakan Nyeri Dada Dan Nyeri Dada Ciri Penyakit Jantung

Saat mengalami nyeri dada, satu hal yang pertama kali anda pikirkan mungkin adalah sakit jantung. Nyeri dada tentu merupakan sesuatu yang mengkhawatirkan dan perlu anda waspadai. Meskipun begitu, tahukah anda bahwa tidak semua sakit dada merupakan pertanda sakit jantung ? Berikut ini fakta mengenai nyeri dada yang perlu anda ketahui.

Cara membedakan nyeri dada biasa dan nyeri dada ciri penyakit jantung

Pernahkah anda merasakan sakit dada dan anda berpikir bahwa anda mengalami sakit jantung, namun ketika anda berobat ke dokter ternyata hanya sakit maag ? atau mungkin anda pernah merasakan nyeri pada ulu hati yang anda kira hanya sakit maag biasa, ternyata justru anda terkena serangan jantung ?

Pada kenyataannya sulit untuk membedakan penyabab nyeri dada karena tidak semua nyeri dada berasal dari jantung. Nyeri dada dapat disebabkan oleh berbagai organ, seperti paru-paru, otot, tulang rusuk, syaraf maupun saluran pencernaan yang masing masing dimiliki ciri khas yang dapat membantu dokter untuk membedakan setiap penyebab. Sulit bagi anda membedaknnya, karena itu sebaiknya periksakan diri anda ke dokter.

Berbagai Penyakit Jantung Yang Menyebabkan Sakit Dada

Jika ternyata anda mengalami sakit jantung, penyebabnya pun bermacam-macam. Yang paling sering tentu merupakan sumbatan pada pembuluh darah jantung atau yang lebih dikenal sebagai penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner adalah sumbatan pada pembuluh darah jantung yang menyebabkan pasokan oksigen dan darah ke otot jantung berkurang yang menimbulkan rasa nyeri, kdikenal sebagai angina. Ketika sumbatan menyebabkan kematian pada otot jantung, maka nyerti akan terasa lebih hebat dan kerusakan menjadi permanen.

Selain sumbatan, penyakit lain pada jantung seperti infeksi otot jantung (miokarditis), infeksi selaput jantung (perikarditis), dan kerusakan hidup jantung juga dapat menyebabkan nyeri dada.

Ciri-ciri Nyeri Dada Akibat Jantung Koroner

Nyeri dada yang diakibatkan oleh penyakit jantung koroner memiliki ciri khas tertentu. Mengetahui ini dapat membantu anda untuk segera mengambil keputusan untuk segera mencari pertolongan ke dokter. Berikut ciri-cirinya :

>> Nyeri dada biasanya muncul ketika jantung harus bekerja lebih keras, contohnya seperti saat berolahraga atau berjalan jauh
>> Jika berulang, maka rasa nyeri yang dirasakan cenderung sama
>> Tergantung berat ringannya, rasa nyeri dapat dirasakan mulai dari 5 menit hingga lebih dari 10 menit
>> Rasa nyeri biasanya dapat berkurang dengan istirahat atau obat obatan
>> Rasa nyeri dapat menjalar ke leher hingga ke lengan atau punggung
>> Rasa nyeri dapat disertai dengan keringat dingin
>> Biasanya rasa nyeri digambarkan seperti dada yang diremas atau rasa seperrti ditimpa beban berat

Ciri ciri diatas merupakan ciri-ciri jika penyakitnya ringan, jika lebih berat maka nyeri dada bisa saja timbul saat istirahat dan tidak berkurang dengan obat-obatan.

Yang Harus Anda Lakukan Jika Anda Mengalmi Serangan Jantung

Ketika anda mengalami serangan jantung, pada saat itu anda sedang berpacu dengan waktu. Semakin lama anda mendapatkan penanganan lanjut, maka otot jantung akan semakin berkurang pasokan darah dan oksigen. Otot jantung yang mengalami kerusakan akan semakin meluas sehingga jika terjadi kerusakan permanen akan menyebabkan gangguan fungsi jantung. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *