Benarkah Penyakit Jantung Termasuk Penyakit Keturunan?

Sudah bukan lagi rahasia umum, jika masyarakat menganggap penyakit Jantung adalah penyakit keturunan. Namun, tidak semua penyakit Jantung termasuk dalam kategori tersebut. Karena yang pasti, penyakit Jantung ini tidak hanya 1 jenis, dan ada beragam macamnya. Dan jenis penyakit Jantung yang kerapkali mengakibatkan serangan Jantung pada penderitanya, tidak lain adalah penyakit Jantung koroner.

Benarkah Penyakit Jantung Termasuk Penyakit Keturunan?

Penyakit Jantung koroner, adalah kondisi dimana pembuluh darah koroner yang memberikan aliran oksigen serta nutrisi-nutrisi untuk sel-sel otot jantung mengalami penyempitan karena plak aterosklerosis.

Lantas bagaimana peranan dari faktor genetik yang mempengaruhi Jantung koroner? Jawabannya tidak lain karena plak aterosklerosis ini terbentuk dari kadar kolesterol LDL yang tinggi, akibat dari kerusakan struktur mikro pembuluh darah akibat zat-zat oksidatif tembakau, atau kondisi gula darah serta tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol. Dari salah satu faktor saja, akan mempengaruhi dalam proses penuaan pembuluh darah, pengapuran hingga pembentukan plak.

Faktor tertentu yang dapat membuat kerusakan pembuluh darah terjadi lebih cepat, termasuk pembuluh darah koroner ini bisa terjadi hanya karena penderita punya tekanan darah tinggi, dan sudah mengalami penyempitan berat akibat plak aterosklerosis di beberapa pembuluh darah. Pun sebaliknya, ada yang memiliki kondisi tekanan darah tinggi tidak terkontrol, namun kenyataannya penyempitan yang terjadi tidak separah orang lain.

Sekali lagi, faktor yang dapat membedakan tidak lain adalah faktor genetik. Faktor ini akan mempengaruhi respons dari sel-sel tubuh seseorang, dengan faktor luar yang akhirnya mempercepat dalam pertumbuhan plak dan kerusakan pembuluh darah.

Setiap orang penderita penyakit Jantung mungkin memiliki tingkat keparahan penyakit yang berbeda, walaupun memiliki faktor risiko utama yang hampir serupa. Hal ini karena adanya faktor genetik yang diturunkan itu.

Itulah sebabnya penting untuk kita melakukan pendeteksian dini dan pengobatan yang tepat karena perjalanan penyakit seseorang akan berbeda dengan yang lain.

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *