Beberapa Resiko Kesehatan Bila Tidak Mencuci Tangan Sebelum Makan

Mencuci tangan sebelum makan adalah hal wajib yang harus Anda lakukan sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Tapi hal tersebut tidak pernah dianggap serius oleh banyak orang karena masih banyak orang yang malas untuk mencuci tangan sebelum makan. Kebiasaan itu bisa membawa mereka pada kondisi yang buruk, seperti yang diketahui bakteri dan virus ada dimana-mana dan bisa masuk kedalam tubuh dengan mudah.

Saat anda melakukan sesuatu hal dengan tangan Anda terdapat beberapa bakteri ataupun kuman yang menempel pada tangan Anda, dan pada saat Anda makana tanpa mencuci tangan bakteri tersebut akan masuk ke dalam tubuh dan mulai membuat gangguan pada kesehatan tubuh.

mencuci tanganSumber penyebab penyakit memang tidak terlihat oleh mata secara langsung dan bisa berasal dari mana saja. Tangan merupakan media penghantar utama penularan penyakit, karena tangan sering melakukan kontak langsung dengan berbagai benda atau area yang mengandung banyak kuman penyebab penyakit. Oleh karena itu mencuci tangan sebelum makan adalah suatu keharusan.

Ada beberapa bahaya bagi Anda yang malas memcuci tangan sebelum makan, antara lain:

Terkena Infeksi Bakteri Salmonella

Bila Anda tidak mencuci tangan sebelum makan bakteri salmonella yang masih ada pada tangan tidak akan mati. Akibatnya bakteri tersebut akan menyebar ke berbagai tempat, sampai makanan yang disentuh oleh tangan tersebut akan terkontaminasi oleh bakteri salmonella ini. Yang kemudian telur bakteri salmonella akan masuk ke dalam saluran pencernaan, dan menyebabkan infeksi dengan gejala yang ditimbulkan seperti keringat dingin, mual, mutah dan diare.

Diare

Orang yang tidak mencuci tangan sebelum makan sangat rentan terkena penyakit diare. Penyebab utama diare adalah bakteri E.coli. Bakteri ini berasal dari kotoran manusia yang terinfeksi dan biasanya terdapat di toilet. Oleh sebab itu Anda harus mencuci tangan sebelum melakukan sesuatu agar barang atapun makanan yang disentuh oleh tangan tidak akan terkontaminasi oleh bakteri tersebut.

Bakteri E.coli dapat masuk ke saluran pencernaan secara langsung dan mengakibatkan diare akut, sampai penyakit gagal ginjal apabila tidak sebera mendapatkan pengobatan.

Infeksi Penyakit Hepatitis B

Penyakit ini akan menyerang organ hati dan menyebabkan penderita sulit untuk memiliki tubuh yang sehat. Hepatitis B termasuk jenis penyakit yang mudah menular. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah sering mencuci tangan.

Resiko Radang Pernafasan

Penyakit ini bisa menyebabkan sesak nafas, batuk, flu dan radang tenggorokan. Sumber penyebarannya bisa lewat bakteri atau virus yang masuk ke tubuh lewat makanan. Salah satu cara bakteri dan virus bisa masuk kedalam tubuh adalah karena seeorang tidak mencuci tangan sebelum makan.

Menyebabkan Cacingan

Banyak anak-anak yang menderita cacingan. Jika tidak mencuci tangan sebelum makan, telur cacing yang terselip ini akan ikut termakan dan akan menetas di dalam usus. Inilah yang membuat tubuh mengidap penyakit cacingan. Itulah mengapa orang tua harus menganjarkan anak untuk mencuci tangannya sebelum makan, agar anak-anak terbiasa dengan hal tersebut sehingga bisa menjauhkan anak dari penyakit cacingan.

Itu adalah beberapa penyakit yang bisa timbul bila Anda tidak mencuci tangan sebelum makan, mencuci tangan mungkin hal sepele namun bila Anda terbiasa dengan mencuci tangan sebelum makan itu akan berdampak baik untuk kesehatan Anda dan terhindar dari berbagai kuman.

Jangan abaikan betapa pentingnya cuci tangan. Hanya dengan lewat kebiasaan sederhana ini kita bisa melindungi diri dan terhindar dari berbagai penularan penyakit akibat kuman, bakteri dan virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *