Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Jika Anda termasuk pekerja yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk di depan monitor komputer, sebaiknya kali ini lebih berhati-hati. Mengapa? Ternyata orang-orang yang terlalu lama duduk menghadap komputer setiap harinya lebih berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan dibandingkan dengan yang lain. Risiko kesehatan pada orang-orang tersebut juga lebih besar, diantaranya dapat mengalami serangan jantung dan penyakit Kardiovaskuler lainnya.

Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Tidak hanya itu saja, seperti yang telah dilansir dari laman Boldsky, mengungkap jika ada penelitian yang menyebutkan tentang orang-orang yang terlalu duduk lebih lama memiliki lingkar pinggang sebesar 2cm lebih besar, dibandingkan dengan mereka yang tidak. Orang-orang yang duduk lama juga memiliki BMI lebih besar dalam satuan indeks. Selain itu, risiko lainnya dari terlalu lama duduk menimbulkan kemungkinan untuk memiliki kadar kolesterol jahat lebih banyak dalam tubuhnya.

Dengan duduk terlalu lama juga berbahaya bagi kesehatan, karena posisi tubuh saat duduk adalah sama (tetap), tanpa perubahan sama sekali. Kondisi ini memperburuk kondisi kesehatan tubuh yang dipengaruhi metabolisme tubuh yang tidak baik.

Cara mengatasi bahaya duduk terlalu lama bagi kesehatan, mudah saja. Anda bisa meluangkan waktu untuk berjalan-jalan selama 5 sampai 10 menit setelah duduk selama 2 jam. Hal ini baik untuk membantu melancarkan peredarah darah dalam tubuh. Anda juga bisa melakukan stretching dalam beberapa menit untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

Cara lainnya bisa dengan minum air putih. Pastikan untuk tetap menjaga asupan air minum untuk mengurangi nyeri punggung karena terlalu lama duduk. Posisikan meja dan kursi yang Anda miliki senyaman mungkin.

Demikian berita kesehatan lainnya yang semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *