Alasan Mengapa Penderita Diare Dianjurkan Banyak Minum

Fakta mengejutkan dalam kasus Diare di seluruh dunia, ternyata masalah kesehatan yang satu ini bisa mencapai kasus sebanyak 2 juta pertahunnya. Jumlah yang cukup banyak bukan? Apalagi ternyat Diare ini lebih sering terjadi pada anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak cenderung kerap kurang baik dalam menjaga kebersihannya atau mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, mereka lebih senang jajanan di pinggir jalan yang tidak bisa kita jamin kehigienisannya.

Alasan Mengapa Penderita Diare Dianjurkan Banyak Minum

Jika seseorang kemudian terserang Diare, hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasinya tidak lain adalah dengan memperbanyak minum air putih. Hal ini dilakukan karena saat Diare, kondisi usus sedang tidak dalam fungsi yang baik, sehingga dibutuhkan cairan yang banyak dari minuman ataupun makanan yang kita konsumsi tidak dapat diserap dengan sempurna. Selain itu, Diare juga cenderung menyebabkan penderitanya kehilangan cairan tubuh melalui buang air. Dan karena inilah akhirnya menyebabkan resiko terkena dehidrasi.

Jika kondisi tersebut terabaikan, dan penderita Diare jarang minum dampaknya cukup besar pada penurunan tekanna darah dalam tubuh yang dapat mengakibatkan pasokan oksigen ke berbagai organ vital akan terus menurun. Akibatnya, keseimbangan elektrolit tubuh terganggu, tubuh yang kejang-kejang, kehilangan kesadaran, gagal ginjal, hingga memicu kematian.

Oleh karena alasan inilah ada baiknya siapapun penderita Diare harus memenuhi kebutuhan asupan minum untuk mencegah dehidrasi dan kemungkinan terburuk lainnya. Jika perlu, disarankan juga untuk minum air yang telah dicampur garam dan gula agar membantu meredakan Diare yang berlebihan, mengingat minuman campuran gula dan garam memiliki manfaat untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang.

Jaid, sudah terjawab kan bagaimana Alasan Mengapa Penderita Diare Dianjurkan Banyak Minum? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Salam!

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *