Aktif Berolahraga Bukan Berarti Bebas Dari Serangan Jantung

Kita terkadang sedikit heran melihat bagaimana orang yang sangat rajin berolahraga dan menjaga gaya hidup sehat, dan bahkan lebih sehat dari kita kemudian terkena serangan Jantung. Sebenarnya serangan Jantung dapat terjadi pada siapa saja, meskipun mereka adalah orang yang rajin berolahraga sekalipun.

Aktif Berolahraga Bukan Berarti Bebas Dari Serangan Jantung

Menurut salah seorang dokter spesialis Jantung,  dr Firman Leksmono SpJP FIHA dari Siloam Buton Hospital, menjelaskan jika dengan aktif berolahraga saja, bukan berarti terbebas dari serangan Jantung. Terlebih jika memang sebelumnya memiliki riwayat sakit Jantung. Jenis olahraga sehat untuk Jantung cukup dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan pagi, jogging, berenang yang dilakukan rutin.

Lebih lanjut lagi menurut dr Firman menyatakan jika, kalaupun Anda sering berolahraga, akan tetapi ada beberapa orang yang tetap berisiko mengalami serangan jantung, apalagi jika melakukan jenis olahraga seperti futsal, tenis, yang menyebabkan denyut Jantung berdetak cepat tak berirama naik turun.

Jenis olahraga yang baik diantaranya jalan pagi, jogging dan bersepeda, atau berenang  hingga 30 menit setiap 3 kali dalam seminggu.

Nyeri dada yang menjadi ciri khas sakit Jantung yang dikenal masyarakat sebenarnya bukan berasal dari Jantung. Namun disebabkan paru-paru, otot, sendi dan lainnya. Gejala yang paling umum adalah nyeri di dada seperti tertindih beban yang berat.

Perlu diketahui jika penyakit Jantung Koroner rentan terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita. Hal ini dikarenakan wanita memiliki Hormon Estrogen yang dapat melindungi pembuluh darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *